Pelatihan Soft Skill – Kini mulai semakin banyak industri bisnis yang menyadari bahwa pelatihan soft skill sangat penting untuk memaksimalkan komunikasi agar lebih efektif, karena semakin efektifnya komunikasi mengacu pada semakin meningkatnya produktifitas dalam bekerja. Menurut Christophe Mallet, Co-founder Somewhere Else yang merupakan agen inovasi teknologi di London, kemampuan perusahaan untuk mengubah karyawan menjadi pemimpin yang cerdas, kolaboratif, dan mandiri menjadi pembeda antara berkembang dan bertahan.

Kepala Revenue Officer di CorporateDNA, Jamie Ducan menambahkan bahwa pelatihan tradisional hanya berfokus pada pengetahuan, sedangkan pada softskill, pengetahuan belum tentu menjadi hal yang utama. Menurutnya, dengan pengetahuan, pola pikir akan lebih luas dari hanya sekedar keahlian, namun sikap jauh lebih penting dari apa yang dipelajari.

Dengan teknologi VR, Anda dapat menjadi siapapun dan ambil bagian untuk berinteraksi dalam dunia imajinasi simulasi sosial atau yang disebut Virtual Embodiment. Virtual Embodiment menampilkan pembelajaran yang lebih implisit dan mendalam sehingga mempermudah untuk berasimilasi, yang akan menghasilkan perubahan perilaku yang lebih mendalam dan permanen.

Menurut penelitian University of Barcelona dan Stanford’s, Virtual Human Interaction Lab telah menunjukan bagaimana pengalaman VR tersebut dapat mempengaruhi perubahan perilaku yang sangat berarti. Menurut sisi pembelajaran dan pengembangan, VR menggabungkan skala potensial dari e-learning dengan pelatihan tatap muka. Artinya pelatihan soft skill dengan teknologi VR lebih efektif.


Baca juga: Pemanfaatan Teknologi VR Untuk Pelatihan Pemadam Kebakaran


Somewhere Else telah mengembangkan sebuah platform pelatihan soft skill dengan teknologi AI dan VR yang dinamakan BODYSWAPS. Cara kerja BODYSWAPS adalah dengan memerankan suatu skenario dimana karyawan mempraktekkan keahliannya di situasi kerja yang bertekanan tinggi, dimana setiap orang dapat berperan sebagai apapun dalam bentuk tubuh virtual. Pada setiap skenario, tubuh virtual tersebut akan merefleksikan suara dan bahasa tubuh penggunanya pada setiap interaksi.

Selain Somewhere Else, perusahaan developer XR lain seperti  Talespin juga telah meluncurkan simulasi pelatihan soft skill berbasis VR, pengguna dihadapkan pada situasi dimana mereka ditugasi memecat karyawan virtual AI yang sangat realistis. Secara tidak langsung tingkat emosional setiap pengguna dilatih tentang bagaimana cara bersikap yang baik pada setiap situasi.


Ingin merasakan manfaat dari teknologi VR untuk melatih soft skill karyawan Anda?

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Mulai Konsultasi

Pelatihan soft skill berbasis VR ini memberikan pengalaman nyata dimana melatih empati setiap pengguna dengan memposisikan mereka sebagai karyawan, CEO ataupun posisi lainnya yang dihadapkan pada setiap situasi tertentu dimana itu bertujuan untuk melatih sikap mereka di situasi terburuk sekalipun.