Walt Disney Animation Studio membuat film imersif dengan judul a kite’s tale, yang akan ditayangkan perdana akhir bulan ini di SIGGRAPH 2019. Film ini menjadi film VR kedua dari Disney yang akan debut pada konferensi grafis komputer tahunan.

Minggu lalu Disney merilis sedikit lebih banyak informasi di balik proyek film tersebut. Film ini bercerita tentang sepasang karakter yang menggemaskan yang harus bekerja sama untuk berani menghadapi bahaya kehidupan di langit yang tak kenal ampun.

Image Credit: Walt Disney Pictures

Menurut official Disney, a kite’s tale menggabungkan animasi gambar tangan klasik dengan inovasi terbaru dalam Virtual Reality untuk menceritakan kisah aneh dua layang-layang; anak anjing yang senang bermain dengan ekor nya yang terus bergoyang, dan seekor naga sombong yang kasar. Dengan karakter yang berlawanan itu, mereka diharuskan untuk belajar hidup berdampingan satu sama lain di sepanjang petualangan untuk bertahan dari terpaan angin yang menentukan takdir mereka.

“Saya senang bahwa a kite’s tale menjadi yang pertama di SIGGRAPH 2019’s VR Theatre,” kata sutradara Bruce Wright, yang sebelumnya menggarap efek animasi pada film-film seperti Tangled, Wreck-It Ralph, Frozen, dan Frozen 2. “Virtual reality memiliki kemampuan untuk membawa kita ke dunia cerita yang baru, dan menyentuh hati para penonton dengan cara yang tidak pernah diimpikan sebelumnya. Merupakan suatu kehormatan untuk menampilkan film kami di SIGGRAPH untuk para inovator dan seniman yang membentuk masa depan media ini. “

Baca juga: X-Men: Dark Phoenix Membuktikan Bahwa AR Merupakan Media Efektif Untuk Promosi Film

Image Credit: SIGGRAPH

“Kami masih berada di puncak media baru yang kuat, dan saya tidak sabar menunggu audiens untuk mengalami apa yang telah dilakukan Disney dengan film VR pendek keduanya,” tambah Maxwell Planck, Direktur Teater VR di SIGGRAPH 2019. “Sangat menggembirakan dan menyenangkan untuk melihat studio dan artist yang terbukti sukses dalam grafik komputer yang lebih tradisional untuk ikut berkontribusi dalam evolusi storytelling, dan semakin membuktikan bahwa benih yang kita tanam sangatlah kuat.”

a kite’s tale adalah produk dari Sirkuit Pendek Inovatif Disney Animation, sebuah inisiatif yang memungkinkan siapa pun di dalam studio untuk melontarkan konsep film pendek untuk peluang memproduksi dan mengarahkan ide mereka dengan dukungan Disney Animation. a kite’s tale akan diputar 28 Juli hingga 1 Agustus di SIGGRAPH’s VR Theatre.


Virtual Reality merupakan bagian penting dari masa depan industri film di dunia

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Dengan semakin berkembangnya teknologi VR, dan semakin banyaknya sineas dan filmmaker yang menggunakan teknologi ini sebagai landasan untuk pembuatan film, akan semakin banyak pula film VR seperti a kite’s tales ini yang bisa kita nikmati. Filmmaker Indonesia juga jangan sampai ketinggalan ya.