Belanja online selalu menjadi masalah bagi industri perhiasan. Sampai saat ini, kebanyakan orang lebih suka membeli perhiasan di toko fisik secara langsung karena konsumen butuh pengalaman ketika mengenakan perhiasan yang di inginkan. Augmented Reality jewelry bisa menjadi solusi untuk bisnis perhiasan online.

Menurut Statista, penjualan ritel perhiasan di AS mencapai 62,7 miliar USD pada tahun 2020, namun hanya sekitar 12% dari jumlah tersebut yang dihasilkan dari penjualan online.

Masalah terbesar yang membuat pelanggan ragu untuk membeli secara online adalah ketidakmampuan untuk menguji produk secara fisik. Konsumen mungkin mengalami kesulitan membayangkan bagaimana sebuah perhiasan yang di inginkan akan terlihat ketika mereka pakai. Khususnya untuk kasus cincin atau kalung, mereka mungkin juga khawatir tentang ukurannya. Terkadang barang menjadi terlalu kecil atau terlalu besar bahkan setelah memeriksa menggunakan tabel ukuran.

Manfaat Utama Augmented Reality Jewelry:

  • Personalisasi produk
  • Pengumpulan dan analisis data lebih mudah
  • Rekomendasi dari asisten virtual
  • Berbagi produk menarik dengan teman
  • Opsi untuk memperbarui aplikasi di masa mendatang

Masalah Lain dari Belanja Perhiasan Online

Terlebih lagi, ada masalah pilihan yang berlebihan di internet. Bahkan jika kita mencari perhiasan yang sangat spesifik, hasil pencarian yang muncul hingga ribuan penawaran. Coba saja Anda cari “cincin emas 14k dengan rubi dan berlian” di Google, produk perhiasan yang muncul bisa mencapai ribuan. Konsumen yang sangat gigih mungkin akan melihat 15 hingga 20 penawaran pertama, tetapi setelah itu, mereka akan merasa kewalahan, bingung, atau bosan.

Jadi sulit untuk menonjol dari pesaing dan mempertahankan perhatian pelanggan cukup lama agar mereka melakukan pembelian. Ada juga kekhawatiran bahwa gambar produk mungkin berbeda dari aslinya. Visualisasi 3D adalah cara yang baik untuk menyelesaikan sebagian masalah ini. Tetapi bahkan dengan hal tersebut, Anda tidak dapat benar-benar yakin bagaimana tampilan suatu barang setelah Anda memakainya.

Augmented reality jewelry benar-benar dapat menjadi solusi untuk semua permasalahan tersebut. Yang juga perlu diperhatikan, ada lebih dari 600 juta pengguna AR di tahun 2020 saja, dan sekitar 3 miliar perangkat yang mendukung AR (menurut AR Insider). Jadi teknologinya cukup mainstream dan sebagian besar pelanggan Anda akan dapat menggunakannya.

Bagaimana Augmented Reality Jewelry Memecahkan Masalah?

Katakanlah konsumen sedang mencari cincin emas dengan batu rubi dan berlian dan mereka menemukan dua model serupa. Keduanya tampak cantik di foto. Tapi bagaimana cincin itu akan terlihat di kehidupan nyata? Apakah cocok dengan warna kulit mereka? Apakah berliannya terlalu besar atau kecil? Mereka mungkin juga tidak yakin tentang ukurannya. Semua ini secara pasti dapat membuat pelanggan potensial Anda meninggalkan pembelian online dan pergi ke toko fisik untuk menghindari resiko salah beli.

Tetapi katakanlah bisnis perhiasan online Anda memiliki aplikasi augmented reality jewelry. Pelanggan tinggal mengambil smartphone dan memilih perhiasan yang di sukainya. Terlebih lagi, mereka dapat mencobanya dalam berbagai ukuran dan dijamin sesuai dengan proporsi sebenarnya. Setelahnya, asisten virtual dapat mengusulkan diskon untuk anting-anting yang serasi misalnya, dimana ini bisa menjadi peluang penjualan tambahan yang bisa Anda dapatkan.

Aplikasi augmented reality jewelry yang inovatif, informatif dan menyenangkan dapat menghilangkan masalah pilihan berlebihan. Aplikasi percobaan virtual membuat penawaran Anda menonjol dari pesaing, plus dapat memiliki fitur tambahan yang berharga seperti asisten virtual atau kemungkinan menyesuaikan produk.

Apakah Anda Membutuhkan Augmented Reality Jewelry?

Penjual mana pun dapat menggunakan teknologi augmented reality sebagai aplikasi percobaan online untuk menarik pelanggan baru, menurunkan tingkat pengembalian barang, dan meningkatkan konversi penjualan. Merek perhiasan mungkin ingin mengembangkan aplikasi semacam itu untuk meningkatkan kesadaran merek mereka, menciptakan citra merek yang positif, dan membangun komunitas penggemar setia.

Baca juga: Virtual Event di Indonesia lebih Menguntungkan dari Event Tradisional

Studio tindik juga dapat memanfaatkan solusi semacam itu. AR membantu pelanggan memvisualisasikan penampilan mereka setelah ditindik. Ini adalah solusi yang sangat berguna untuk ide yang kurang populer atau unik dan dapat membantu pelanggan membuat keputusan dengan lebih yakin dan membeli. Terlebih lagi, studio tindik sering terintegrasi dengan salon tato, dan meskipun tato bukan perhiasan, tentunya AR bisa berguna juga dalam kasus seni tubuh seperti itu juga.

Percobaan virtual bekerja dengan baik di banyak bidang lain juga. Misalnya, merek dan ritel fashion telah menggunakan ruang pas virtual hingga saat ini. Industri kecantikan juga telah memanfaatkan augmented reality. Khususnya di masa pandemi, ketika masyarakat mengkhawatirkan kebersihan penggunaan sampel dan penguji.

Bagaimana Cara Kerja Augmented Reality Jewelry?

Sederhananya, AR melapisi foto atau gambar langsung dari kamera perangkat dengan model perhiasan 3D. Dalam kasus kedua, perangkat lunak menggunakan marker untuk menyelaraskan perhiasan virtual dengan jari pengguna, pergelangan tangan, leher, atau bagian tubuh lainnya. Marker dapat berupa selembar kertas dengan simbol tertentu atau hanya titik referensi anatomi. Itu tergantung pada jenis model dan bagaimana perangkat lunak diprogram.

Fitur berguna dari aplikasi augmented reality jewelry yang tidak dimiliki teknologi lain

  • Personalisasi produk: Kustomisasi membuat pelanggan 40% lebih mungkin untuk membeli produk yang lebih mahal. Ide bagus jika Anda menawarkan perhiasan custom.
  • Pengumpulan dan analisis data yang mudah: Anda dapat menerapkan modul AI yang mengumpulkan data dan memberikan wawasan yang berguna.
  • Modul asisten virtual: Ini dapat membantu memilih ukuran yang tepat, desain, atau menyarankan perhiasan yang cocok sehingga membuat pelanggan membeli lebih dari satu produk.
  • Berbagi dengan teman (di media sosial): Banyak orang meminta pendapat teman mereka sebelum melakukan pembelian, atau ingin flexing beli perhiasan mahal di social media. Di sisi lain, ini bisa menjadi promosi gratis bagi bisnis Anda.
  • Opsi untuk memperbarui aplikasi di masa mendatang: Anda dapat memperluas kemampuan aplikasi sesuai keinginan. Ini berarti Anda dapat memulai dengan anggaran rendah dan membuat versi MVP. Berdasarkan hasil yang dibawanya, Anda dapat berinvestasi lebih jauh.

Augmented Reality Jewelry untuk Bisnis Anda!

Singkatnya, aplikasi augmented reality jewelry lebih dari sekadar tren baru yang menyenangkan atau berumur pendek. Ini sangat berguna dan dapat membawa keuntungan yang terukur bagi bisnis Anda. Dilihat dari meningkatnya popularitas AR dan nilai bisnisnya yang tinggi, solusi seperti percobaan virtual akan terus bertumbuh. Perusahaan yang sudah mengembangkan aplikasi tersebut dapat memperoleh keunggulan kompetitif dan manfaat dari teknologi baru ini lebih awal.

Selama bertahun-tahun MonsterAR telah berhasil menyelesaikan lusinan proyek AR. Tim kami tidak hanya dapat mengembangkan perangkat lunak dari nol, tetapi juga terus berinovasi untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi setiap harinya.


Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami