Kini, untuk tingkatkan peluang karir bisa melalui Virtual Reality (VR). Bahkan, teknologi VR dapat membantu mantan tahanan atau narapidana sekalipun untuk meraih karir yang cemerlang.

Data dari Departemen Kehakiman AS menunjukan bahwa lebih dari 10.000 orang narapidana atau tahanan dibebaskan dari penjara state dan federal setiap minggunya, yang berarti lebih dari 650.000 mantan narapidana setiap tahunnya. Tantangan terbesar yang di hadapi adalah, bagaimana mentransisikan mereka supaya dapat memasuki kembali kehidupan bermasyarakat secara normal dan kembali bekerja. Ini penting karena tanpa pekerjaan yang layak, besar kemungkinan mereka akan kembali melakukan tindakan kriminal.

Untuk memberikan solusi yang sangat dibutuhkan di bidang ini, Goodwill telah bermitra dengan sebuah perusahaan teknologi imersif untuk membuat Project Overcome, sebuah program inovatif yang dirancang khusus untuk mantan narapidana dengan menggunakan VR sebagai alat untuk mempersiapkan mereka dalam proses pencarian, lamaran, wawancara, dan diharapkan bisa kembali mendapatkan pekerjaan setelah menjalani masa tahanan yang panjang.

pelatihan karir virtual reality

Image credit: Goodwill

Melalui VR, para mantan tahanan akan menjalani simulasi wawancara kerja dengan manajer SDM virtual. Di sini mereka belajar bagaimana berbicara dengan nyaman tentang penahanan mereka serta belajar bagaimana mengoperasikan teknologi modern.

Mirip dengan bagaimana perusahaan menggunakan AR dan VR untuk membantu merekrut, melatih, dan terhubung dengan karyawan mereka, Project Overcome memanfaatkan kapabilitas mendalam dari teknologi VR untuk mendidik pengguna tentang keterampilan hidup penting yang dapat membantu meraih kesuksesan dalam hidup.

Baca juga: Virtual Reality Untuk Pelatihan Perbaikan Satelit Aman dan Hemat Biaya

Setiap skenario VR menawarkan banyak jalur, keberhasilan atau kegagalan sepenuhnya bergantung pada pilihan yang dibuat oleh pengguna. Kemampuan untuk gagal tanpa konsekuensi dunia nyata memungkinkan para mantan tahanan belajar dari kesalahan mereka dalam lingkungan bebas stres.

Pelatihan peluang karir melalui Virtual Reality ini membantu pengguna melalui pengalaman unik sehingga mereka dapat merasa diberdayakan untuk menceritakan tentang latar belakang mereka kepada calon pemberi kerja. Orang-orang yang terkena dampak sistem peradilan sering mengalami ketidakadilan selama hidup mereka, ditambah dengan pengalaman kerja yang terbatas dan sedikit atau bahkan tidak ada sumber daya keuangan, perumahan yang stabil atau sistem pendukung. Program ini menawarkan kemungkinan bagi mereka untuk berubah dan membangun kembali kehidupan yang normal.

Project Overcome tidak hanya memberikan skenario VR kepada pengguna, tetapi juga memadukan sesi pelatihan dengan konselor karier ke dalam program, memberikan mereka platform pembelajaran yang lebih dipersonalisasi. Setiap pengalaman VR didasarkan pada skenario dunia nyata yang otentik.

Teknologi VR dapat diterapkan untuk menghadapi tantangan dunia nyata secara praktis. Dalam kasus ini, dengan cara mensimulasikan situasi wawancara kerja dengan stres tinggi dan memungkinkan pengguna untuk bermain peran dalam lingkungan bebas risiko. Umpan balik instan dan interaktif yang diberikan memungkinkan pengguna menyempurnakan atau memperbaiki pendekatan mereka, membangun memori otot dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk berhasil diwawancarai secara langsung dan memasuki dunia kerja.


Virtual Reality menjadikan pelatihan lebih hemat biaya, efisien, dan tanpa risiko cidera

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami