Augmented Reality tingkatkan efisiensi dan keselamatan kerja dalam industri Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB), dan tingkatkan ROI dalam jangka panjang.

Dalam beberapa tahun terakhir, Pembangkit Listrik Tenaga Angin (PLTB) semakin penting. Industri ini telah mengalami perkembangan besar tetapi pada saat yang sama menghadapi banyak tantangan yang harus dihadapi. Salah satu aspek penting dalam industri ini adalah inspeksi turbin angin karena membutuhkan pemantauan dan pemeliharaan yang konstan untuk memastikan bahwa turbin bekerja pada efisiensi yang optimal. Karena turbin memainkan peran penting dalam industri ini, pemeliharaan sistematis dan inspeksi rutin sangat penting. Pada saat yang sama, tingginya biaya inspeksi ini serta kurangnya tim ahli yang berpengalaman menjadikan turbin angin sulit untuk dirawat.

Pemeriksaan kondisi turbin angin sangat penting. Jika terjadi kerusakan pada turbin, maka pengoperasiannya pun tidak efisien dan mengakibatkan hilangnya pembangkitan listrik dan kerugian uang. Teknologi Augmented Reality dapat tingkatkan efisiensi pemeriksaan dan perawatan turbin angin, sehingga dapat mengakhiri tantangan yang tidak hanya dihadapi oleh industri PLTB tetapi juga banyak industri lainnya. AR telah memberdayakan bantuan jarak jauh melalui aplikasi perangkat lunak yang menggabungkan konten digital ke dalam lingkungan dunia nyata pengguna.

Berikut beberapa cara Augmented Reality dalam tingkatkan efisiensi dalam inspeksi dan perawatan turbin angin:

Solusi Interaktif dan Hemat Biaya

Augmented Reality Tingkatkan Efisiensi

Turbin angin umumnya memerlukan pemeriksaan dan pemeliharaan preventif dua hingga tiga kali per tahun. Pada saat yang sama, inspeksi manual secara langsung tidak bisa dihindari karena kesalahan manusia dan dapat memakan waktu hingga satu hari penuh untuk satu menara. Dalam kondisi ini, bantuan jarak jauh AR memungkinkan komunikasi yang efektif dan sangat interaktif antara ahli pusat dan pekerja yang melakukan inspeksi lapangan.

Komunikasi ini dimungkinkan secara real-time dan memberi tim pusat kesempatan untuk melihat dengan tepat apa yang dilihat oleh pekerja lapangan. Ini memperkuat komunikasi dan kerjasama real-time dengan mencegah masalah yang mungkin dihadapi, serta memberikan solusi untuk berbagai masalah yang menyebabkan tidak berfungsinya turbin. Berkat bantuan jarak jauh AR, pekerja lapangan dapat dengan mudah mengikuti secara detail instruksi ahli yang telah disempurnakan dengan elemen AR. Bantuan jarak jauh AR yang juga terintegrasi ke dalam kacamata pintar memberikan kesempatan kepada pekerja lapangan untuk melakukan inspeksi dan pemeliharaan secara hands-free saat menerima instruksi.

Selanjutnya, bantuan jarak jauh AR adalah cara untuk memberikan solusi hemat biaya. Dulu, inspeksi dan pemeliharaan turbin tanpa adanya tim ahli yang tepat akan mengharuskan dihentikannya proses pasokan energi karena penghentian kerja turbin. Hal ini mengakibatkan kerugian yang sangat besar hingga ahli yang tepat datang ke lapangan.

Peningkatan Keselamatan Kerja

Augmented Reality Tingkatkan keselamatan kerja

Masalah lain yang membayangi industri PLTB adalah keselamatan pekerja yang melakukan inspeksi dan pemeliharaan. Keselamatan merupakan isu kritis yang seringkali menimbulkan banyak bahaya bagi kehidupan pekerja. Menggunakan bantuan jarak jauh AR yang terintegrasi dengan kacamata pintar untuk inspeksi menjadikan pekerjaan jauh lebih aman bahkan ketika teknisi memanjat menara.

Baca juga: Strategi Marketing Properti Cerdas Melalui Penerapan Teknologi Digital

Melalui AR, ketika pekerja lapangan bekerja tanpa menggunakan tangan, ia dapat menerima instruksi yang sesuai serta peringatan untuk berbagai bahaya yang mungkin mengancamnya. Berkat bantuan jarak jauh ini, keselamatan pekerja meningkat, banyak situasi berbahaya dapat dicegah dan kesalahan manusia yang dapat terjadi selama berbagai proses kerja berkurang secara signifikan.

Penilaian Visual yang Cepat dan Mudah Diakses

Teknologi AR telah memberikan solusi untuk penilaian visual di sekitar lokasi proyek. Gambar yang berbeda dapat ditangkap dengan perangkat pada tripod, dan kemudian gambar turbin dapat ditampilkan pada foto. Ini juga memberikan gambaran tentang bagaimana sebuah proyek mungkin terlihat dalam kenyataan di lokasi tertentu. Biasanya, ini juga merupakan cara inovatif untuk mempresentasikan proyek kepada pemilik tanah atau pengusaha saat berada di lokasi dan menggerakkan kamera saat turbin dipasang di lingkungan nyata.

Selain itu, melalui aplikasi bantuan jarak jauh AR, dimungkinkan untuk secara otomatis mentransfer dan mendokumentasikan ke portal data foto atau video yang diambil bersama dengan elemen AR yang dilapiskan di atasnya. Dengan demikian, pengawas proyek memiliki akses tak terbatas ke bahan-bahan ini dan dapat menentukan detail proyek seperti ketinggian atau jumlah turbin menggunakan data lapangan dalam model. Ini membantu mereka untuk membuat kemungkinan perubahan serta menyelesaikan perencanaan proyek dengan sukses.

Kesimpulan

Teknologi AR menyediakan aplikasi inovatif di sektor PLTB, salah satunya dengan cara augmented reality tingkatkan efisiensi dan keamanan dalam inspeksi dan pemeliharaan turbin angin. Teknologi AR menjadi solusi untuk tantangan kompleks dengan memberdayakan bantuan jarak jauh AR yang memungkinkan pekerja di industri PLTB untuk menerima bimbingan jarak jauh di tempat dari tim ahli yang lebih berpengalaman dan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan dalam pekerjaan mereka.

Pada saat yang sama, kacamata AR yang melapisi instruksi digital meningkatkan kecepatan perakitan. Adopsi teknologi ini sangat dianjurkan karena manfaatnya telah terbukti, seperti penerapan solusi AR di industri PLTB yang telah memberikan manfaat yang signifikan bagi keselamatan karyawan dan peningkatan keuntungan.

Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi kami untuk selengkapnya tentang penerapan teknologi AR dalam bisnis Anda.

Augmented Reality tingkatkan efisiensi dan keselamatan kerja

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?