Dari luar, teknologi Virtual Reality Indonesia begitu seru dan imersif. Bagi yang masih awam, inovasi ini sepertinya hanya untuk hiburan saja. Padahal, VR sangat luwes mencapai berbagai tujuan komersial, bahkan mendatangkan keuntungan berkali lipat.

Ciri khas VR terletak pada kemampuannya membuat simulasi melalui komputer sehingga tercipta dunia yang sama sekali berbeda dengan kenyataannya. Penggunanya dapat berinteraksi dengan dunia virtual ini melalui keseluruhan Indera mereka. Headset menghubungkan pengguna dengan dunia virtual ini sehingga penting bagi pemakai untuk memilikinya. Bagi yang sudah mencobanya, pasti sepakat bahwa VR sangatlah seru sehingga tidak sadar teriak, meraba-raba hingga tertawa sendiri sepanjang menikmati kontennya.

Tips memanfaatkan Virtual Reality Indonesia

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, bagaimana cara menggunakan Virtual Reality Indonesia jika perusahaan tidak bergerak pada sektor hiburan. Memang teknologi VR membantu secara signifikan bagi mereka yang menggarap bisnis pemasaran digital dan hiburan, khususnya gaming. Namun, bukan berarti sektor lain tidak bisa memasukkan VR sebagai bagian dari strategi pemasaran. Berikut tips agar brand apa saja bisa terbuka peluang menggunakan VR/AR.

1. Memasukkannya dalam kampanye pemasaran offline

Teknologi VR sangat efektif menarik massa dalam waktu singkat ke gerai brand Anda saat mengikuti suatu bazaar atau pameran. Seperti yang sudah disinggung di atas, VR memang bisa menarik rasa perhatian banyak orang. Bayangkan saja ada satu atau dua orang pengunjung yang berteriak kegirangan atau bergerak kesana kemari mengikuti konten dalam headset mereka. Tentunya, mereka yang lalu lalang akan terheran-heran lalu ada yang akan mendekat ke gerai Anda. Bukan tidak mungkin, akan ada yang mencoba saking tidak sanggup menahan rasa penasaran mengapa headset VR itu terlihat ajaib.

MonsterAR pernah mengerjakan Virtual Reality Flying Simulator untuk brand Djarum MLD dalam ajang otomatif internasional GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD, Tangerang, pada 2018. Pengunjung bebas menjajal rasanya “mengangkasa” tanpa perlu naik pesawat dengan VR ini.

2. Membuat paket wisata yang memakai teknologi VR

Paket wisata saat ini sudah semakin luas untuk mengikuti perubahan keinginan penyukanya. Sudah pernah mencoba wisata memakai teknologi VR? Nah, ini bisa menjadi peluang bagi perusahaan Anda yang bergerak di industri ini. Keunggulannya, wisata ini sangat pas bagi yang berada di kota besar. Daripada harus bermacet ria ke Puncak, lebih baik menghibur diri sekaligus belajar teknologi VR.

Sudah banyak yang menerapkan contoh Virtual Reality Indonesia ini. Sandbox adalah salah satunya. Pengunjung Sandbox bisa mencoba tiga game, yakni Amber Sky 2088, Curse of Davy Jones, dan Deadwood Mansion. Sandbox terletak di Mall Pondok Indah, Jakarta Selatan. Pemasukan berasal dari tiket yang dibanderol Rp176 ribu per orang per 15 menit untuk game Curse of Davy Jones.

Pengelola Taman Pintar Yogyakarta menyadari bahwa teknologi VR sudah populer digunakan oleh publik, khususnya generasi milenial dan generasi Z. Di taman ini tersedia simulasi teknologi VR memakai headset. Pengunjung cukup membayar Rp20 ribu saja untuk menjajal sekaligus mempelajari teknologi VR.

3. Melakukan branding museum

Anda bergerak di bidang museum atau sektor purbakala? Hingga sekarang, dua segmen ini masih kental dengan kesan jadul dan membosankan. Nah, Virtual Reality Indonesia menjawab itu semua. Sifat alamiah VR pas dengan pengunjung generasi milenial dan generasi Z yang haus akan inovasi teknologi. Memadukan teknologi VR dengan masa lampau mampu merangkul generasi muda bahkan yang tua akan tertarik mencobanya.

Beberapa museum pernah melakukan digitalisasi museum. Contohnya adalah museum Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Magelang yang sukses melakukan branding museum mereka dengan membuat beberapa produk inovatif dengan menggandeng MonsterAR.

Baca juga: Fungsi Virtual Reality, Keunggulan, Contoh, dan Cara Kerjanya

Seperti contohnya adalah interactive directory, interactive wall, curved video projection, interactive game, dan lainnya. Inovasi ini lebih mendekatkan pengunjung dengan sejarah dan isi museum itu sendiri. Dengan adanya interactive directory, misalnya, pengunjung akan mendapati cara seru museum dalam mengarahkan pengunjung menjelajahi museum ini. Teknik ini lebih menarik daripada sekadar membaca arahan pada umumnya. Tentunya, jenis inovasi harus disesuaikan dengan museum atau rumah seni dan purbakala yang saat ini sedang Anda kelola.

Kami juga menggarap digitalisasi Galeri Bendungan Indonesia PUPR. Di sini MonsterAR membuat empat teknologi menarik yakni interactive wall, maket holobox, holostage, dan teknologi AR yang menampilkan informasi mengenai berbagai jenis bebatuan dengan cara yang inovatif.

4. Merombak strategi pemasaran online yang konvensional

Anda tidak salah baca sub-judul di atas. Media sosial sudah mewarnai pemasaran digital dalam jangka waktu yang cukup lama. Algoritma berganti begitu cepat yang mau tidak mau membuat digital marketing strategist memutar otak untuk membuat konten yang “ramah algoritma”. Lambat laun, cara pemasaran digital ini akan berorientasi pada konten yang berbentuk video imersif.

Cara lama akan ditinggalkan sebab pesaing akan memakai teknik yang mirip. VR menawarkan solusi pintas. Video dengan pengalaman menikmati VR/AR berpotensi viral jika digarap secara kreatif. Secara offline, pemakainya akan merasakan pengalaman imersif yang bisa terbenam di benak dalam waktu lama. Efek pemasaran baik secara online dan offline dapat tercapai dengan menggunakan teknologi VR/AR secara tepat sasaran.

5. Menggandeng produsen VR yang sudah terpercaya

Tips terakhir adalah menggunakan jasa virtual reality yang memang telah lama berkecimpung di dunia ini. Selain mumpuni dari sektor teknologi, produsen VR ini pasti menawarkan jasa konsultasi bisnis agar VR lebih cepat mendongkrak kemajuan bisnis Anda.

Virtual Reality di Indonesia bukan hanya soal kecanggihan teknologi dan simulasi komputer saja. Kreativitas dan komersialisme berperan penting agar maksud memilih teknologi ini berimbas positif bagi bisnis brand Anda. Tidak cukup pada pembuatannya saja, produsen VR ini sebaiknya juga menyediakan layanan pemasaran digitalnya agar lekas viral di dunia maya.

Baca juga: Simulator VR, Solusi Pelatihan Aman Tanpa Risiko Kematian

Cara Memilih Perusahaan Virtual Reality di Indonesia

Teknologi VR di Nusantara tergolong baru namun berkembang secara cepat. Mempelajari portofolio perusahaan VR di Indonesia yang akan dipilih sangatlah penting agar teknologi VR nantinya memang mencapai target yang ditetapkan. Berikut tips untuk memilih perusahaan VR untuk peningkatan strategi kampanye pemasaran di masa depan:

1. Berpengalaman di Dunia Augmented Reality dan Virtual Reality Indonesia

Perusahaan yang berpengalaman dalam AR dan VR akan lebih komprehensif dalam memberikan ide kreatif terkait konten yang diinginkan. Bekal konten dalam proyek sebelumnya menjadi kunci mengisi konten VR/AR yang variatif dan menarik tergantung kebutuhan Anda. Selain itu, mereka terbiasa memberikan ide konten sejalan dengan perkembangan bisnis pada berbagai bidang. Sehingga, tidak hanya ide konten tetapi juga strategi memenangkan persaingan konten dengan cara yang canggih.

2. Membantu Strategi Pemasaran Digital

Mempunyai konten VR/AR yang menjanjikan pengalaman imersif tidaklah cukup. Sebab berada di ranah digital, promosi melalui media sosial wajib dilakukan untuk menimbulkan efek viral. Penyedia jasa VR yang profesional akan membantu dalam paket promosi demi paparan yang lebih baik dan efektif.

3. Memberikan Konsultasi Bisnis

Pemanfaatan teknologi VR dapat secara efektif mendongkrak penjualan jika mengikuti saran dan strategi bisnis. Inovasi dapat melahirkan strategi bisnis yang berbeda dari yang sekarang ada. Ini terkait dengan potensi bisnis yang dapat lahir dari pemakaian teknologi VR. Atau, Anda bisa lebih mengeksplorasi ide bisnis turunan dari yang sudah dijalankan sekarang.

Perusahaan Virtual Reality di Indonesia

Jika saat ini perusahaan Anda sedang mencari dengan kualifikasi di atas, MonsterAR memenuhi syarat itu semua. Tim kami sangat lengkap dengan menggandeng staf yang ahli dari segi teknologi VR, tim kreatif, bisnis, hingga pemasaran digital. Sebelum dan selama pengerjaan, kami memberikan layanan pelanggan yang responsif menjawab segala kebutuhan Anda sebagai klien. Bahkan, kami menyediakan konsultasi bisnis gratis untuk memastikan teknologi VR menjawab kebutuhan bisnis Anda. Setelah selesai pun, kami membuat strategi pemasaran digital demi viralnya konten VR. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi tim pemasaran kami melalui website ini dan dapatkan konsultasi bisnis jitu dengan harga yang bersaing.

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?