Teknologi Metaverse membuka peluang bisnis yang menuntut pelaku usaha untuk segera beradaptasi. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memakai jasa Metaverse Jakarta yang mempercepat proses transformasi bisnis di ranah Metaverse.

Meski menggunakan kota Jakarta dalam jasa Metaverse Jakarta, tentu saja layanan terbuka bagi perusahaan di kota mana saja. Bekerjasama dengan penyedia jasa ini akan membuat perusahaan lebih bergerak mengganti piranti digital, mengunduh aplikasi terkait Metaverse, hingga menggali ide bisnis di dunia virtual canggih tersebut.

Apa itu Metaverse?

Metaverse menawarkan pengalaman virtual yang sungguh beberapa langkah lebih inovatif dan nyata dibandingkan pengalaman berselancar di Internet saat sekarang. Di dalam dunia Metaverse, pengguna tidak  hanya bisa mencari sesuatu melainkan dapat berinteraksi, hingga bertransaksi layaknya di dunia nyata.

Hal tersebut dimungkinkan berkat penggabungkan aspek game, media sosial, Augmented Reality atau AR, Virtual Reality atau VR, hingga uang digital. Tak pelak, kerja harmonis keseluruhan inovasi tersebut menghasilkan kebiasaan baru dimana pengguna melalui avatar mereka dapat “memulai” hidup di dunia virtual sesuai keinginan mereka.

Dunia Metaverse mewajibkan penggunanya memiliki perangkat, seperti headset VR atau aplikasi AR. Dengan alat tersebut, pengguna dapat menjelajahi isi dunia Metaverse dalam format 3D yang imersif tanpa mengenal batas.

Apa saja elemen Metaverse?

Jasa Metaverse Jakarta mencakup elemen yang umum dipakai untuk membangun ekosistem Metaverse. Ada banyak elemen yang memungkinkan pengguna bisa berkegiatan di dunia tersebut, termasuk melakukan transaksi jual beli.

1. Blockchain

Jasa Metaverse Jakarta akan memberikan layanan membangun blockchain. Sistem ini sangatlah penting apabila perusahaan Anda ingin membuka jenis usaha berupa transaksi jual-beli, seperti tanah, di Metaverse. Blockchain memungkinkan pencatatan transaksi digital yang aman, real-time, dan mudah dilakukan. Identitas akan dijamin kerahasiaan data mereka serta minim biaya administrasi.

2. Cryptocurrency

Dalam melakukan transaksi jual beli di Metaverse, uang kripto atau cryptocurrency sangat dibutuhkan. Cryptocurrency dipakai dalam bentuk dompet, pertukaran, hingga dalam transaksi terkait mining.

3. Non-fungible token (NFT)

NFT merupakan aset digital yang berfungsi untuk menunjukkan bukti kepemilikan barang yang bisa ditawarkan ke calon pembeli dengan memakai uang kripto.

4. Artificial intelligence dan machine learning

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan memainkan peran penting dalam hal meningkatkan pengalaman penggunanya melalui avatar masing-masing. Keunggulan ini mencakup semua pemakai, termasuk mereka dengan keterbatasan.

Baca juga: Perusahaan Metaverse Indonesia Terpercaya dan Berpengalaman

Machine learning atau mesin pembelajaran melakukan tugas, seperti memberikan rekomendasi tempat makan atau obyek wisata, sesuai keinginan. Bagi pebisnis, machine learning akan memberikan informasi analisa perilaku konsumen yang akan menjadi masukan bisnis berikutnya yang bisa digarap.

5. AR, VR dan Mixed Reality (MR)

jasa metaverse Jakarta

AR mempermudah optimalisasi konten melalui video, gambar, atau tampilan fotografi lainnya. Dengan perangkat AR, pengalaman di dunia Metaverse akan menjadi lebih hidup dan lengkap sebab gambar, teks, dan animasi menjadi lebih berkembang.

Sedangkan teknologi VR menghadirkan lingkungan dan peristiwa yang memungkinkan pengguna bisa berinteraksi dengan obyek di dalam VR tersebut. Hal ini dimungkinkan berkat pemakaian teknologi pemodelan dan simulasi komputer.

Teknologi MR lebih berfokus pada perpaduan obyek di dunia nyata dan tanggapan di dunia maya. Bisa dibayangkan menyelami MR akan membuat pengalaman hidup di dalamnya menjadi lebih seru dan kreatif.

Bagaimana Metaverse mempengaruhi bisnis di Indonesia?

Perusahaan konsultan teknologi Accenture mengungkapkan bahwa perusahaan di Indonesia menganggap Metaverse akan memberikan dampak yang positif bagi iklim bisnis nasional. Prediksi tersebut akan hadir dalam empat tren seperti di bawah ini: 

1. Tren “WebMe”

Metaverse akan membuat publik nasional beralih ke lingkungan 3D. Dengan demikian, orang akan secara mudah berpindah tempat dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

2. Tren “Programmable World

Selain membentuk interaksi orang di dunia maya, Metaverse akan membawa ke definisi ulang sesuatu di dalamnya.

3. Tren “The Unreal

Dengan AI, pelaku bisnis bisa melakukan hal yang awalnya seperti mustahil. Contohnya adalah melakukan autentikasi nasabah di dunia Metaverse.

4. Tren “Computing the Impossible

Metaverse akan menginspirasi hadirnya mesin baru di semua industri. Pelaku industri tersebut akan berlomba menciptakan inovasi berbasis komputer agar lebih bisa melakukan pekerjaan secara lebih luas dan lebih banyak.

Manfaat memakai jasa Metaverse Jakarta

Penyedia jasa Metaverse Jakarta, seperti Monster AR, menawarkan berbagai jenis layanan untuk mendukung bisnis di Metaverse. Contoh jenis usaha berbasis Metaverse adalah live show, penyediaan benda digital, hingga game. Berikut rinciannya:

1. Memfasilitasi metode pemasaran baru

Dunia bisnis di Metaverse membutuhkan jenis metode pemasaran yang berbeda. Caranya adalah dengan membuat maskot game untuk menjadi bintang iklan. Anda dapat lebih serius menggarap ranah metode pemasaran baru ini.

2. Membuka peluang bisnis menyewakan ruang kantor virtual

Tren Work from Home atau Work from Everywhere sangat marak akibat pandemi COVID-19. Dengan Metaverse, Anda bisa menjajal bisnis penyewaan ruang kantor virtual memakai Metaverse. Tentunya, pengalaman bekerja hingga rapat via Metaverse akan terasa jauh lebih nyata dan imersif dengan memakai headset VR. Dengan teknologi ini pula Anda bisa lebih jauh menggarap bisnis penyewaan ruang kantor virtual untuk memfasilitasi rapat dengan anggota tim yang tersebar di seluruh dunia.

3. Mempermudah proses belajar dari rumah

Selain bekerja, belajar dari rumah lahir akibat wabah COVID-19. Ini agar murid dan guru terhindar dari paparan virus tersebut dibandingkan harus bertatap muka secara langsung. Dengan Metaverse, proses belajar mengajar akan menjadi lebih nyata dan hidup. Interaksi dengan murid akan lebih jelas. Belum lagi, murid dan guru akan bisa menghemat anggaran transportasi.

Jika Anda merupakan pengelola tempat les atau kursus, Metaverse akan lebih memudahkan dalam mengajar. Pelatih atau guru les akan lebih mudah berinteraksi dengan murid sembari memantau perkembangan mereka.

Itulah segenap potensi Metaverse untuk dunia bisnis. Jika Anda membutuhkan penyedia jasa Metaverse Jakarta yang handal, segera hubungi kami, Monster AR, yang sejak 2011 telah berkecimpung di dunia AR dan VR. Kini, kami merambah bisnis Metaverse, blockchain, dan cryptocurrency, untuk membantu perusahaan Indonesia lebih cepat memanfaatkan peluang di dunia Metaverse.


Metaverse & NFT, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami