Superioritas Augmented Reality atau AR terlihat dari banyaknya keunggulan teknologi ini yang kian dilirik oleh banyak perusahaan. Peralihan ke era Industri 4.0 membuka semakin lebar peran yang bisa dimainkan oleh teknologi ini. Teknologi AR akan sangat membantu perusahaan yang mesti menghadapi transformasi rumit untuk mengoptimalkan peluang bisnis di balik era Industri 4.0.

Manfaat Augmented Reality dapat terlihat pada berbagai ragam sektor dan aplikasi, termasuk operasi manufaktur harian, pemeliharaan sektor yang dimaksud hingga bekerja dari jarak jauh memakai piranti komunikasi AR yang bisa digunakan.

Operatornya terbantu oleh adanya akses secara real-time ke seluruh dokumentasi perusahaan, berupa video, manual, dan lain sebagainya. Operator ini juga mempunyai otonomi lebih besar. Berikut ini kelebihan Augmented Reality yang bisa menyesuaikan penggunaannya dengan bisnis Anda saat ini.

Lima manfaat Augmented Reality

Superioritas Augmented Reality berakar dari pengertiannya yang paling mendasar, yakni menghubungkan dunia digital dan dunia nyata. AR adalah versi lebih baik dari dunia nyata yang saat ini mengubah sektor industri. Fitur antarmuka AR sanggup memperkaya lingkungan kerja dan mengoptimalkan efisiensi kerja. Di lain pihak, teknologi AR menawarkan keunggulan dalam hal keamanan, efisiensi, dan produktivitas.

1. Meningkatkan mutu proses produksi

Solusi berbasis AR membantu meningkatnya mutu proses produksi dengan cara mempercepat produktivitas secara aman, mengurangi kesalahan, dan menjamin kepatuhan yang lebih luas dengan standar perusahaan. Teknologi ini terutama bermanfaat untuk pengecekan dan inspeksi, dua proses kunci untuk memperoleh mutu produk sebaik mungkin.

Dengan menerapkan aplikasi hibrida smartphone/headset, misalnya, pemakai dapat memeriksa dalam situasi sulit dan kompleks. Pekerjaan ini bisa dilakukan berkat adanya dukungan ahli yang terhubung secara jarak jauh. Mereka membantu pengguna atau teknisi di lapangan. Kolaborasi jarak jauh membantu mempersingkat dan menyederhanakan pemeriksaan dan mengidentifikasi kesalahan secara tepat. Teknik ini juga menawarkan pilihan menyimpan informasi terkumpul apa saja sebagai pijakan untuk menganalisa dan mengadakan pelatihan.

2. Menurunkan biaya produksi dan layanan di lapangan

Superioritas Augmented Reality berikutnya terlihat dari berkurangnya biaya pada berbagai sektor dan penerapan. Kuncinya terletak pada intervensi langsung dalam mengoptimalkan biaya, baik melalui meningkatnya produktivitas atau perbaikan dalam mutu prosesnya. AR memungkinkan perusahaan mengurangi biaya untuk merancang, memproduksi, dan merawat.

Sebagai contoh, perusahaan bisa memakai AR untuk menyelesaikan masalah terkait mesin lebih cepat dan lebih efisien yang pada akhirnya mengurangi waktu untuk mencari akar masalah dan waktu perbaikannya.

Baca juga: Pengertian Augmented Reality secara Singkat dan Lengkap

Dengan adanya AR, perusahaan dapat meminimalisir interupsi produksi dengan cara meningkatkan produktivitas industri. Teknisi sanggup melakukan troubleshooting secara lebih gegas.  Bahkan, teknisi bisa mengerjakannya dari jarak jauh yang tentunya akan mengurangi ongkos perjalanan.

3. Menyegarkan model pelatihan

Selama ini, pelatihan kerja masih bertumpu pada cara yang membosankan dengan mengandalkan teks, piranti pelatihan yang relatif kurang menarik, dan penjelasan dari satu atau beberapa narasumber.

Teknologi AR menawarkan cara yang lebih segar dan lebih praktis. Peserta tidak hanya akan lebih mudah memahami tetapi juga jarak bukan lagi menjadi masalah. Mereka bisa bergabung secara sendiri atau berkelompok, menjajal piranti yang dibutuhkan dan tetap mengikuti prosedur pelatihan layaknya hadir secara langsung.

Pakar atau narasumber dapat memberikan instruksi dari jarak jauh tanpa mencemaskan kurangnya pemahaman peserta lantaran tidak datang pada ruangan yang sama. Dengan visual menarik dan esensial, materi tetap mudah dipahami meski berisikan konsep yang kompleks. Menariknya, manfaat AR pada bidang ini bisa disesuaikan dengan tujuan dan level peserta perusahaan. Jadi, baik level awal, menengah, hingga atas, jenis pelatihan ini tetap bisa dilakukan.

4. Meningkatkan standar keamanan industri

Dengan adanya AR, keamanan pada banyak sektor bisa ditingkatkan. Pertama-tama, operator bisa melindungi diri mereka sendiri dari terkena risiko dengan cara berinteraksi dengan lingkungan produksi secara lebih aman. Keunggulan fisik dan organisasi berpotensi memberikan manfaat lain dengan meningkatnya ergonomis staf yang memakai solusi AR.

Instruksi dari ahli jarak jauh, misalnya, dapat menghindarkan operator dari perlunya mengerjakan tugas yang berbahaya, membuat lebih sedikit kesalahan, sehingga berujung pada berkurangnya potensi kecelakaan dan cedera. Sehingga, AR tidak hanya membuat lingkungan kerja lebih aman tetapi juga menambah mutu kerja dan mendatangkan keuntungan ekonomi bagi perusahaan dari segi produktivitas dan efisiensi biaya.

5. Mengoptimalkan proses perakitan produk

Jenis pekerjaan ini membutuhkan ketelitian operator, yang menjadi tantangan tersendiri saat harus merakit ratusan bagian secara cepat dan tepat sembari mengikuti instruksi di dokumen teknisnya.

Pemakaian AR membuat proses ini menjadi lebih interaktif dan sederhana sebab operator memakai headset AR untuk mengirimkan informasi perakitannya secara jelas. Dengan cara ini perakit bisa fokus merakit produk ketimbang membagi fokus dengan membaca instruksi pada file teks yang rumit.

AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?