Konsep Metaverse semakin mendapat pengakuan dalam beberapa bulan terakhir, yang ditandai dengan bertambahnya minat orang dan organisasi. Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat blockchain bagi Metaverse, salah satu sub-topik yang mungkin belum Anda pahami secara tuntas.

Perusahaan Metaverse turut menggarap blockchain sebab ini merupakan salah satu jenis teknologi yang sangat penting bagi keberlangsungan Metaverse sebagai ekosistem dengan peluang komersial tinggi.

Tren penting dalam Metaverse

Raksasa teknologi, seperti Facebook, telah mengganti namanya menjadi Meta dan menaruh investasi besar untuk mengembangkannya. Menyusul berikutnya adalah Microsoft yang telah mengumumkan rencananya membuat Metaverse dalam bentuk Mesh untuk Microsoft Team. Saat nanti terwujud, Mesh akan memungkinkan penggunanya berinteraksi dalam lingkungan 3D melalui aplikasi Mixed Reality.

Lebih lanjut, Microsoft telah meluncurkan inisiatif sendiri bernama Holoportation™ dimana pengguna nantinya sanggup memproyeksikan diri mereka sendiri sebagai potret paling realistis saat berinteraksi di Metaverse. Seolah-olah visual ini benar-benar mereka.

Evolusi Metaverse diprediksi terus tumbuh menguat dalam beberapa tahun mendatang. Menurut perkiraan dari Gartner, seperempat dari jumlah populasi dunia akan menghabiskan setidaknya sejam sehari di Metaverse pada 2026. Di situ, mereka bisa melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berbelanja dan belajar. Bahkan, Metaverse akan membuat ekonomi virtual dimana penggunanya bisa memakai token digital untuk membeli dan bertukar barang, seperti benda koleksi digital. Bersama dengan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) serta teknologi lainnya, blockchain bermain penting dalam membawa konsep Metaverse menjadi kenyataan.

Pentingnya memahami teknologi Metaverse

Mengetahui teknologi Metaverse akan membantu Anda dalam meraup manfaat blockchain bagi Metaverse. Lingkungan imersif Metaverse sendiri bukan hanya untuk bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen, seperti e-commerce atau pendidikan. Lebih dari itu, Metaverse sanggup bermanfaat bagi banyak industri dengan contoh pemakaian yang beragam mulai dari pelatihan dokter hingga membantu demo produk atau jasa. Bahkan, manfaat blockchain bagi Metaverse terkait dengan kolaborasi antar pekerja jarak jauh.

Sehingga, Metaverse menyediakan keuntungan bagi brand agar bisa memahami banyak segi Metaverse, terutama aplikasi bisnis pada industri masing-masing agar terus siap digunakan. Pemahaman teknologi Metaverse akan membantu apabila organisasi Anda memutuskan untuk mengejar atau memasuki Metaverse yang membuat sebuah bisnis harus terus menyesuaikan diri dengan tren perkembangan pada area tertentu.

Teknologi kunci dalam Metaverse

Metaverse ditopang oleh teknologi yang melibatkan VR, AR, dan teknologi hardware serta yang lainnya, seperti blockchain. Proyek Metaverse, seperti Axie Infinity, merupakan contoh bagus dalam mengoptimalkan teknologi canggih, seperti blockchain, untuk membangun Metaverse.

Belum lama ini, Nike dan Spotify berkolaborasi dengan Roblox untuk membuat pengalaman VR bernama “Nikeland”, dan “Spotify island”. Kolaborasi ini muncul di tengah 3 developer yang dipekerjakan oleh Spotify.

Metaverse bisa disentralisasi, seperti Metaverse kepunyaan Facebook, atau didesentralisasi dengan ekonomi virtual yang melibatkan cryptocurrency atau bentuk pembayaran digital lainnya serta non-fungible token atau NFT. Teknologi blockchain memberikan kemampuan bagi Metaverse agar bisa didesentralisasi dan bekerja baik dengan Web 3 (Read/Write/Own), seperti dijelaskan di bawah ini:

Teknologi blockchain dan Metaverse

Blockchain berperan penting dalam pengembangan Metaverse sebab masa depan web, seperti Web 3.0, kesemuanya tentang desentralisasi. Karenanya, agar menopang web yang terdesentralisasi, bahkan proyek Metaverse perlu dibangun sebagai platform yang terdesentralisasi. Teknologi blockchain dapat memberitahukan desentralisasi ke dalam proyek Metaverse.

Blockchain sendiri adalah buku besar yang didistribusikan melalui jaringan mandiri antar komputer. Sebab blockchain beroperasi secara otonom, ia memungkinkan banyak pihak bisa melakukan transaksi antar mereka sendiri lalu mencatat transaksi tersebut ke dalam blockchain tanpa pengawasan otoritas tertentu. Blockchain transparan dan tetap sehingga tidak bisa diubah begitu tercatat.

Baca juga: Jasa Pembuatan VR Terpercaya untuk UMKM Hingga Perusahaan Besar

Kelebihan blockchain adalah sifatnya yang tidak perlu ada ikatan kepercayaan antar pihak yang terlibat di dalamnya. Blockchain selalu bisa mengatasi masalah terkait pengeluaran ganda. Pada akhirnya, blockchain mengurangi risiko pencurian identitas atau penipuan.

Manfaat blockchain bagi Metaverse berkaitan dengan sifatnya yang menggunakan beragam simpul dan bekerja secara mandiri untuk terciptanya sinkronisasi. Dengan demikian, pengguna bisa merasakan manfaat blockchain bagi Metaverse dalam keseharian mereka nanti untuk saling terhubung dan berkontribusi.

Kontrak cerdas

Sudah banyak proyek Metaverse terkenal yang diperkenalkan sebagai proyek berbasis blockchain, misalnya Play untuk memperoleh game, dengan NFT di dalamnya. NFT menyediakan kepemilikan digital yang abadi pada blockchain. Menambahkan NFT ke dalam Metaverse sanggup memudahkan berjalannya berbagai kegiatan terkait perdagangan produk digital sekaligus mewakilkan pengguna dengan avatar unik. Pada akhirnya, ekonomi dalam Metaverse bisa tercipta.

Aset crypto

Jual beli aset kripto bisa terjadi dalam dunia Metaverse. Sebab Metaverse merupakan simulasi dunia nyata, pengguna bisa melakukan banyak kegiatan di dalamnya seperti di dunia nyata. Contoh kegiatan yang dimaksud mencakup bersosialisasi, saling menghibur, dan berdagang.

Untuk melakukan itu semua dibutuhkan mata uang umum, yang bisa diperoleh melalui pemakaian aset crypto. Pengguna Metaverse bisa memakai cryptocurrency untuk membayar produk dan layanan digital, baik di dunia nyata dan virtual.

Kesimpulan

Metaverse masih dalam tahap pengembangan tetapi terus tumbuh. Sebagaimana yang dipersiapkan oleh pakar teknologi, banyak teknologi baru yang akan mendorong pengembangan Metaverse di masa depan sekaligus mendukung pembangunan portofolio menurut pemakaiannya. Tujuannya, kemampuan Metaverse akan semakin meningkat dalam memberikan manfaat sebagaimana yang bisa diperoleh di dunia nyata.

Selain itu, kemajuan teknologi blockchain memberikan dampak dunia aset digital. Diprediksi Metaverse akan mempengaruhi keseharian kita secara signifikan berkat peran penting dari teknologi blockchain.

Karenanya, jadilah yang pertama dalam mendulang manfaat blockchain bagi Metaverse. Segera hubungi kami, MonsterAR, penyedia jasa Virtual Reality Jakarta, yang sudah berpengalaman dengan teknologi AR dan VR. Kami turut merambah penyediaan jasa terkait blockchain dan Metaverse, untuk klien berbagai sektor sebagai dunia virtual yang beberapa lompat lebih tinggi dari Internet saat ini.

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?