Menurut laporan terbaru dari Statista, pasar augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) global berkembang pesat dan diperkirakan akan mencapai total 72,8 miliar USD pada tahun 2024, dengan peningkatan CAGR dalam lima tahun sebesar 54%. Data tersebut menunjukan bahwa pasar saham AR/VR akan semakin meningkat.

Mengingat pesatnya pertumbuhan industri AR/VR dan adaptasinya yang semakin gencar di hampir setiap sektor bisnis utama (ritel, perawatan kesehatan, pendidikan, pariwisata, fashion, hiburan, real estat, tempat kerja, olahraga, penegakan hukum, dan lainnya), pasar saham kini bertaruh besar-besaran pada sektor AR/VR, menunjukkan kepercayaan para investor bahwa AR/VR adalah masa depan bagi seluruh sektor bisnis.

Berikut adalah beberapa saham teknologi yang banyak di lirik saat ini:

1. Microsoft Corporation (MSFT)

Pasar Saham AR/VR microsoft

Melalui kacamata pintar Hololens 2 nya, Microsoft memberikan berbagai solusi teknologi bagi banyak perusahaan di seluruh dunia. Hololens 2 di gadang-gadang sebagai kacamata pintar realitas campuran paling canggih saat ini, sehingga tidak heran jika banyak investor mempercayakan uang mereka di sini.

2. Sony Corp. (SNE)

Sony adalah pemilik konsol PlayStation termasuk PSVR dan semua perangkat yang menyertainya. Dengan koleksi lebih dari 200 game yang banyak di antaranya eksklusif, mode menonton film, dan opsi berbagi layar sosial, PSVR adalah pemimpin pasar di dunia game VR. Headset ini pernah dijual secara terpisah di masa lalu, tetapi saat ini PSVR dibundel dengan dua pengontrol gerakan PlayStation Move, Kamera PlayStation dan dua game.

Semua mata kini tertuju pada PS5, konsol Sony generasi selanjutnya, dan semua yang akan ditawarkannya dalam hal game dan pengontrol untuk headset PSVR.

3. Facebook, Inc. (FB)

Pasar Saham AR/VR facebook

Facebook adalah pemilik headset VR Oculus Quest. Dalam acara Facebook Connect baru-baru ini, Facebook membuat sejumlah pengumuman yang memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam bidang AR/VR. Selain merilis Oculus Quest 2, Facebook menghabiskan 150 juta USD untuk menghadirkan konten game populer ke perangkatnya, seperti Assassin’s Creed, Splinter Cell, Star Wars, Jurassic World, dan Medal of Honor.

4. Apple Inc. (AAPL)

Apple diam-diam telah mengerjakan sejumlah produk AR/VR selama beberapa tahun terakhir dan berencana untuk merilis kacamata pintar AR dan headset hibrida AR/VR sendiri. Apple telah mengakuisisi sejumlah perusahaan di bidang ini selama bertahun-tahun. Dari kegigihannya, jelas terlihat bahwa Apple bekerja dengan serius untuk menjadi pemain besar di bidang AR/VR.

Baca juga: Pemasaran Produk Melalui AR, Selamatkan Bisnis Anda di Masa Pandemi

Apple juga merupakan pemilik ARKit, alat pengembangan yang digunakan oleh pengembang iOS dalam membuat aplikasi dan game AR seluler untuk iPhone, iPad, dan perangkat Apple lainnya.

5. Unity Software Inc (U)

Unity adalah salah satu platform pengembangan game 3D paling populer di luar sana dan telah digunakan untuk membuat game AR/VR populer seperti Pokémon Go, Hearthstone, dan Rimworld. Game engine Unity adalah pilihan teratas untuk pengembang dan desainer game. Unity juga kompatibel dengan banyak platform lain yang mendukung pembuatan aplikasi AR/VR.

6. Qualcomm (QCOM)

Qualcomm merupakan penyedia mesin di balik kebanyakan headset VR dan perangkat AR yang kita kenal dan cintai saat ini. Merupakan salah satu pabrikan chipset dan unit pemrosesan terbesar yang menghasilkan banyak komponen utama yang ditemukan di headset VR seperti Oculus Quest 2 milik Facebook. Dengan teknologi 5G yang diharapkan dapat meningkatkan pengalaman AR/VR secara drastis, perangkat keras Qualcomm seperti platform chipset Snapdragon XR2, diperkirakan akan berperan besar bagi pertumbuhan AR / VR di masa depan.

7. NVIDIA Corporation (NVDA)

Pemimpin pasar lain dalam industri pengembangan chip yang tanpanya VR tidak akan seperti sekarang ini. Unit pemrosesan grafis Nvidia dan perangkat keras lainnya merupakan bagian integral dari banyak headset VR seperti Indeks Valve, HTC Vive dan Nvidia menawarkan sejumlah besar perangkat lunak untuk membantu pengembang membangun aplikasi VR.

Kesimpulan

Itulah 7 perusahaan yang terlibat dalam industri AR/VR, dengan nilai sahamnya yang terus bertumbuh. Bertumbuhnya pasar saham AR/VR menjadi bukti bahwa masyarakat, khususnya para investor telah percaya bahwa teknologi AR/VR adalah masa depan bagi bisnis dan kehidupan kita secara menyeluruh.


AR/VR Tingkatkan Produktifitas, Kecepatan Kerja dan Omzet Bisnis Anda

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami