Toko ritel selalu mencari cara baru dan inovatif untuk meningkatkan pengalaman berbelanja, menarik pelanggan baru untuk berkunjung ke toko atau situs web mereka, dan mempertahankan pelanggan lama. Strategi marketing melalui gamification bisa menjadi cara bagi ritel untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan mempertahankan pelanggan lama dengan cara menambahkan elemen kesenangan ke dalam proses dan pengalaman berbelanja. Karena kini begitu banyak bisnis telah menggunakan gamifikasi e-commerce, inilah saatnya bagi Anda untuk memulai supaya tidak ketinggalan dan bisa merasakan manfaatnya segera.

Tetapi sebelumnya mari kita ulas terlebih dahulu, kenapa gamification sangat efektif untuk ritel.

Kenapa Gamification?

Sama seperti saat memainkan permainan papan biasa, orang secara alami menjadi kompetitif dan ingin mendapatkan poin atau hadiah sebanyak mungkin. Konsep yang sama berlaku untuk gamifikasi di ritel. Ketika pelanggan mengumpulkan poin, perasaan bahwa mereka akan mendapatkan hadiah menarik mereka untuk berbelanja lebih banyak. Namun, kita dapat mengambil langkah ini lebih jauh lagi dan memungkinkan mereka untuk bersaing dengan teman-teman mereka untuk mendapatkan hadiah yang sama.

Contoh yang bagus untuk strategi marketing gamification di e-commerce adalah Shopee dengan goyang Shopee-nya. Dengan menggoyang-goyang ponselnya untuk mendapatkan poin di jam-jam tertentu, pengguna Shopee jadi lebih sering membuka aplikasi untuk bermain, dan pada akhirnya berbelanja lebih banyak karena tergoda dengan produk-produk yang muncul di layar smartphone.

Metode Penerapan Gamification dalam E-commerce

Strategi Marketing Gamification

Salah satu metode yang paling umum digunakan dalam gamifikasi e-commerce adalah menawarkan beberapa hadiah. Ini dapat berupa berbagai lencana, poin, membuka level baru, diskon khusus, dan banyak lagi. Anda juga dapat memperkenalkan lingkungan virtual, seperti yang dilakukan Mondelēz International untuk mencapai jumlah penjualan yang lebih besar dari biskuit cokelat populer mereka. Kemudian ada Barni di enam negara yaitu Ukraina, Kazakhstan, Georgia, Moldova, Belarus, dan Azerbaijan. Ketika pengguna akan membeli paket Barni, mereka dapat memindai kode QR untuk melihat dinosaurus dalam tampilan AR. Mereka juga bisa berfoto dengan dinosaurus dan membagikannya kepada teman-teman mereka. Strategi marketing gamification ini benar-benar layak karena sangat membantu dalam mencapai tujuan bisnis.

Baca juga: AR dalam Bisnis Ecommerce, Tingkatkan ROI dan Kepuasan Pelanggan

Ada beberapa cara tambahan untuk menerapkan strategi marketing gamification di retail, seperti:

Manfaat Gamifikasi E-commerce untuk Bisnis Anda

Gamifikasi e-commerce menawarkan banyak manfaat berbeda untuk bisnis Anda, termasuk di antaranya:

Kesimpulan

Strategi marketing gamification menawarkan banyak manfaat bagi bisnis Anda. Jika Anda kecewa dengan metode lain untuk meningkatkan pendapatan, loyalitas pelanggan, dan efisiensi, mulai pertimbangkan untuk mencoba gamification saat ini juga. Bagi Anda yang tidak memiliki tim pengembang game atau tidak tahu harus memulainya dari mana, Anda bisa bermitra dengan penyedia jasa game developer. MonsterAR memiliki tim developer yang berpengalaman dan berkualifikasi untuk membantu Anda mendapatkan Return of Investment (ROI) yang tertinggi. Hubungi kami untuk konsultasi dan solusi selengkapnya.

Edukasi produk lebih powerful dan efektif melalui gamification AR/VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?