Sektor pemasaran semakin menghadapi tantangan pilihan konsumen yang kian khusus. Pada produk tertentu, mengandalkan media sosial dan kanal pemasaran digital arus utama tidaklah cukup. Augmented Reality Jakarta menawarkan solusi yang setingkat lebih canggih dalam menggaet hati calon konsumen.

Bagi yang bekerja di sektor periklanan dan pemasaran, memperebutkan “kue” segmen konsumen tertentu membutuhkan inovasi dan kreativitas yang dinamis. Ketatnya persaingan membuat calon konsumen semakin mempunyai banyak pilihan.

Augmented Reality Jakarta menghadirkan “pintu awal” yang bisa mengantarkan pebisnis meraup banyak keuntungan. Selain menarik minat mereka, pebisnis akan mendapatkan konsumen yang setia sehingga dalam waktu lama, mereka lah yang akan menjadi duta brand.

Sekilas tentang Augmented Reality Jakarta

Augmented Reality atau Realitas Berimbuh adalah teknologi hasil gabungan antara dunia nyata dengan konten digital buatan komputer saat itu juga. Teknologi AR ini memungkinkan penggunanya melihat obyek virtual 2D dan atau 3D yang diproyeksikan ke lingkungan sekitar pengguna atau dunia nyata. Ini dibantu dengan webcam komputer, kamera, hingga kacamata khusus, agar pengguna melihat konten-konten buatan komputer tersebut bercampur dengan lingkungan nyata mereka.

Agar bisa semenarik tersebut, perkembangan AR cukup panjang. AR pertama kali diciptakan pada 1968 ketika Ivan Sutherland mengembangkan sistem first head-mounted display. Akan tetapi, istilah Augmented Reality sendiri baru dicetuskan oleh periset Boeing, Tim Caudell, pada 1990.

Di Indonesia, popularitas Augmented Reality bermula saat “meledaknya” gim Pokemon Go pada 2016. Gim ini memakai AR untuk mengajak penggunanya mencari monster lucu di sekitar lokasi mereka berada saat itu. Selaku pengembang, Niantic, sukses membuat pemakainya mengenal lingkungan sekitar dengan alasan ingin mencari monster Pokemon yang menggemaskan.

Teknologi yang digunakan adalah GPS untuk melacak pergerakan pemain. Sedangkan teknologi AR bekerja dengan memunculkan sosok Pokemon di layar smartphone memakai kamera khusus. Konsep penggabungan karakter digital dengan dunia nyata membuat Pokemon Go berbeda dari gim yang lainnya.

Pemanfaatan Augmented Reality Jakarta untuk Bisnis

Augmented Reality Jakarta kini sudah meluas kontribusinya bagi sektor bisnis dan berikut enam contoh jenis layanannya.

1. AR Brochure

Selama ini, kartu nama atau brosur lebih banyak bersifat statis. Lantaran inilah, banyak yang akan langsung membuangnya begitu mendapatkan informasi yang dicari. Tetapi AR Brochure akan membuat kartu nama dan brosur benar-benar berbeda.

Selain menarik sebab bisa bergerak dan dinamis, AR Brochure dapat menjadi alat impresi inovatif bagi calon klien. Mereka akan langsung menyadari perusahaan Anda melek inovasi dan kreatif. Selain itu, cukup dengan AR Brochure, calon klien atau customer akan bisa mengetahui banyak informasi penting tentang bisnis Anda, mulai dari sejarah, kontak, hingga peta ke kantor Anda.

2. AR Interactive Game

Tipe bisnis ini biasanya paling cocok dengan acara offline atau bazar. Anda bisa menggunakan AR Interactive Game untuk menarik minat pengunjung agar datang ke gerai Anda. Game ini sudah lama dikenal sebagai medium yang tidak lekang oleh waktu dalam melibatkan pengunjung acara, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Mereka dapat membenamkan diri dalam game berkat visual 3D di dalamnya. Tentunya ini memberikan pengalaman yang setingkat lebih baik ketimbang bermain game melalui gawai.

3. AR Environment

Augmented Reality Jakarta menawarkan AR Environment yang sanggup menciptakan “dunia tersendiri” bagi penggunanya. Layanan ini istimewa sebab menghadirkan informasi beragam yang disajikan dengan cara menarik dan seru. Pengguna dapat menikmati sekaligus mempelajari konten beragam pada saat bersamaan. AR Environment mengimbuhkan bidang tertentu tergantung kebutuhan bisnis Anda.

Baca juga: Harga Augmented Reality Terbaik, Lipat Gandakan ROI Bisnis Anda

4. AR Photo Booth

Selain AR Interactive Game, AR Photo Booth merupakan layanan yang paling dinanti pengunjung acara offline. Layanan yang tampak kecil ini sukses menarik pengunjung sekaligus meninggalkan kesan mendalam dan seru. Anda dapat mengajukan konsep AR Photo Booth nantinya. Sebagai contoh, AR Photo Booth biasanya akan menghadirkan logo brand, emoji atau stiker seru, hingga idola favorit yang bersanding dengan foto pengunjung.

5. AR Presentation

Melakukan presentasi bisnis memakai PPT dan dokumen sudah biasa. Bagaimana dengan AR Presentation? AR Presentation adalah contoh layanan Augmented Reality Jakarta yang akan membuat presentasi Anda lebih efektif dan lebih menarik.

Audiens akan lebih terjaga fokus mereka. AR Presentation menampilkan grafik dan visual yang bergerak dengan Anda sebagai presenternya. Konten dalam AR Presentation akan mengikuti kebutuhan Anda.

6. AR majalah atau koran

Koran dan majalah berbasis kertas memang semakin ditinggalkan. Tetapi, tidak bisa dipungkiri keduanya efektif membantu murid dan siapa saja meningkatkan literasi mereka. AR majalah atau koran menjembatani kebutuhan tersebut. Dengan teknologi AR, pembaca tidak akan merasakan kebosanan dalam membaca majalah atau koran lagi. Isi majalah atau koran menjadi lebih hidup dan lebih cepat dipahami.

Tingkatkan Brand Awareness Bersama MonsterAR

Sejak 2012, MonsterAR telah memproduksi produk dan layanan terkait AR, Virtual Reality, dan Mixed Reality. Portofolio kami cukup beragam yang menunjukkan kompetensi dan profesionalisme kami dalam membuat proyek AR sesuai kebutuhan klien. Kami membawakan inovasi terbaik dalam bidang teknologi lalu menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis dan strategi pemasaran. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?