Sebelum nyemplung ke dunia Metaverse, Anda harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup. Salah satunya adalah memahami apa itu NFT crypto sebab istilah ini sangat penting agar Metaverse menguntungkan bagi Anda nantinya.

NFT merupakan singkatan dari non-fungible token yang berarti aset digital yang mewakili benda berharga dengan nilai yang tidak bisa ditukar oleh apapun. NFT tercatat secara rinci dalam jaringan blockchain. Di dalamnya terdapat rekaman pembuat benda tersebut, harga, dan riwayat kepemilikannya.

Perbedaan NFT dengan aset crypto yang lain

NFT merupakan turunan dari cryptocurrency. Tetapi NFT berbeda dengan Bitcoin, misalnya. Setiap NFT benar-benar unik dalam artian hanya sekali dibuat dan tidak bisa dijual-belikan dengan NFT yang lain sebab nilainya tidak selevel.

NFT mengandung data unik yang bekerja layaknya sidik jari sehingga hanya pemilik yang bisa mengaksesnya. Hanya pemilik NFT yang bisa menyimpan informasi di dalamnya, termasuk tanda tangan. NFT membuat kreator mempunyai hak penuh yang absolut. Mereka menjadi pemilik asli karya tertentu walau bisa melipatgandakannya. Menariknya lagi, NFT secara eksklusif menjadi satu unit, tidak bisa dibagi menjadi denominasi lebih kecil, seperti Satoshi BTC atau wei ETH.

Faktor pendongkrak popularitas NFT

Ketenaran NFT di Indonesia tidak terjadi dalam satu malam. NFT sebenarnya sudah mulai populer sejak 2017 tetapi baru berkembang pesat dalam segi perdagangan mulai akhir Januari 2021.

Ketenaran NFT awalnya muncul dengan diluncurkannya game NFT pertama, yakni CryptoKitties. Pemain dalam game ini bisa mengadopsi, memelihara, dan melakukan jual-beli kucing virtual dengan mengandalkan infrastruktur blockchain Ethereum.

Sumber: The Block

Dari grafik tersebut terlihat volume perdagangan meningkat sejak awal 2021. Salah satu faktor penyumbangnya adalah hadirnya NBA Top Shot buatan Dapper Labs, kreator CryptoKitties. Secara singkat, produk ini terkenal yang sekaligus memperlihatkan NFT yang sangat kuat sebagai platform koleksi digital.

NFT menandai babak baru penghargaan dan penjualan terhadap karya. Selama ini, kreator dan penggemar hanya mengandalkan jalur konvensional untuk memasarkan dan membeli suatu karya. Dengan adanya NFT, kreator mempunyai pilihan lebih luas untuk memperkenalkan koleksi mereka. Mereka tidak memerlukan pihak ketiga untuk mentahbiskan nama mereka sebagai musisi, seniman, atau atlet. Laba yang diperoleh bisa langsung masuk ke kantong, hal yang selama ini “mengalir” terlebih dahulu ke penerbit, perusahaan rekaman, dan lainnya.

Di sisi pihak penggemar, mereka mendapatkan keuntungan berupa akses yang lebih mudah ke koleksi kreator favorit mereka. Harga yang mereka keluarkan pun tidak perlu mengalami kenaikan untuk diterima pihak ketiga, seperti penerbit dan perusahaan rekaman.

NFT saat ini memang masin terbatas pada bidang seni, hobi, dan hiburan. Tetapi, NFT diprediksi akan lebih pesat penggunaannya seiring dengan meluasnya popularitas dan penggunanya di kemudian hari.

Contoh pemanfaatan NFT

Apa Itu NFT Crypto
Sumber: Kyros ventures

1. Sektor Karya Seni

Selain memahami apa itu NFT crypto, aspek yang tidak kalah pentingnya adalah sektor apa saja yang sudah memanfaatkannya. Yang pertama adalah sektor karya seni. NFT menawarkan keunggulan berupa kemudahan mempublikasikan karya seni secara online sehingga lebih praktis menjangkau orang. Adanya teknologi blockchain membuat cara ini tetap aman dimana kreator tidak akan dirugikan. Blockchain bekerja efektif melawan pencurian karya dan plagiarisme sehingga pemilik karya tidak perlu khawatir karyanya lenyap. Keunggulan tersebut diperoleh berkat sistem smart contract pada NFT. Selain itu, kreator juga bisa memanfaatkan sistem smart contract untuk menuliskan royalti yang harus dibayar jika karyanya berpindah tangan.

NFT dapat mencapai harga fantastis, dimana rekor termahal dipegang oleh Beeple dengan Everydays – The First 5000 Days. Harganya mencapai US$69 juta pada Maret 2021. Terjualnya karya seni tersebut menunjukkan penghargaan aset NFT sama baiknya dengan karya seni fisik.

2. Sektor Komersial

Manfaat Metaverse nantinya bisa terlihat dari penerapan NFT pada sektor komersial, seperti sertifikat properti, aset, dan lisensi. Dalam hal ini, NFT bekerja menghubungkan aset fisik, misalnya bukti kepemilikan rumah atau properti lainnya. Lalu, sistem blockchain akan memverifikasi akta kepemilikan fisik secara cepat dan mengamankannya. Data kepemilikan properti ini tersimpan secara rapi dalam blockchain sehingga pemilik tidak perlu cemas akan hilang.

Hingga sekarang, industri tiket belum sepenuhnya bebas dari calo. Tidak jarang kita menjumpai kasus dimana tiket mudah dipalsukan atau dijual melalui calo dengan harga sangat tinggi. NFT menjadi salah satu solusi terbaik dengan sistem verifikasi dan identifikasinya yang akurat.

Untuk sektor keanggotaan, NFT bisa digunakan untuk mewakilkan keanggotaan seseorang secara digital. Data akan tersimpan secara rahasia dan aman. Kraken Kratom sudah mencoba cara ini dengan mencetak lima gambar NFT untuk memberikan diskon khusus atau diskon seumur hidup bagi pelanggannya.

Kartu koleksi NBA Top Shot menjadi contoh NFT dalam dunia olahraga dan fashion. Penggemar NBA bisa mengoleksi cuplikan penting laga kesukaan mereka secara digital. Pada 2019, Nike mematenkan sistem otentikasi CryptoKicks. Dengan cara ini, pembeli sepatu khusus Nike akan memperoleh NFT dengan informasi unik mengenai barang tersebut, seperti bahan dan lokasi pembuatannya. Lalu, pemilik CryptoKicks alias pembelinya dapat menggabungkan rancangan beberapa sepatu digitalnya untuk membuat sepasang sepatu baru untuk dibeli dalam wujud fisik.

Selain Nike, NFT crypto sudah dilirik oleh pengelola liga sepakbola Belgia, Jupiler Pro League, yang menggandeng perusahaan game Ubisoft dan startup Sorare. Mereka membuat game sepakbola fantasi dengan memanfaatkan NFT.

3. Sektor Hobi dan Hiburan

Baca juga: Video Mapping Projection, Media Branding Powerful dan Efisien

NFT menjadi “surga” baru bagi kolektor barang-barang kesukaan. Contohnya adalah cuplikan NBA Top Shot, kucing virtual dari CryptoKitties, dan avatar unik dari CryptoPunks. Harganya tidak main-main, yakni menembus jutaan dolar, loh!

Crypto di Indonesia kami rasa sudah sangat kental dengan game NFT. Bisa dibilang ini merupakan sektor yang paling prospektif dalam dunia crypto. CryptoKitties dan Axie Infinity menjadi dua game NFT dengan pengguna paling banyak.

Seperti yang sudah disinggung di atas, CryptoKitties merupakan game dimana pengguna harus mengembangbiakkan dan mengumpulkan kucing digital secara unik.

Sedangkan dalam Axie Infinity pemainnya wajib mengoleksi hewan piaraan digital yang dinamakan Axies untuk melawan pemain lain. Pemain dapat memperoleh token sebagai bagian dari skema pay-to-earn atau bermain untuk mendulang imbalan.

Baik Axie Infinity dan CryptoKitties memanfaatkan blockchain Ethereum dalam jaringannya. Untuk Axie Infinity, SLP dan AXS sebagai token­ mempunyai standar ERC-20 untuk bisa ditukarkan dengan aset kripto yang lain. Inilah yang menjadi alasan banyak yang bermain game NFT dimana token bisa ditukarkan. Tidak jarang ada yang mulai beranggapan game NFT merupakan investasi sebagai sumber penghidupan sehari-hari.

Referensi NFT menurut kapitalisasi pasar

Tidak kalah penting dari apa itu NFT crypto adalah mengetahui contoh NFT yang tinggi menurut kapitalisasi pasarnya. Berikut daftarnya:

1. ApeCoin (APE)

Apecoin adalah salah satu token berstandar ERC20 pada ekosistem Ape yang bekerja sebagai token governance dan utility. Apecoin adalah aset crypto resmi yang berhubungan dengan tiga proyek NFT yang sangat terkenal, yakni Bored Ape Yacht Club (BAYC), Mad Ape Yacht Club (MAYC), dan Otherside. Ketiganya dikerjakan oleh Yuga Labs.

2. Flow (FLOW)

Dapper Labs mengembangkan Flow, blockchain layer-1 yang sekaligus menangani Cryptokitties yang sukses besar. Flow sudah terbukti sukses lewat proyek besar, seperti NBA Top Shot, NFL All Day, dan UFC Strike. Ia memang dirancang secara khusus untuk transaksi NFT.

Menariknya, Flow menggandeng Instagram agar bisa memperkenalkan platformnya ke pengguna Instagram. Ticketmaster menjadi pihak berikutnya yang turut bekerjasama dengan Flow untuk mengembangkan tiket konser berbentuk NFT. Menurut Coinmarketcap, Flow berada di posisi ke-2 dalam sektor transaksi NFT.

3. Tezos (XTZ)

Sistem proof-of-stake (PoS) menjadi jantung dari Tezos, salah satu cryptocurrency yang beroperasi melalui blockchain. Seperti Ethereum, Tezos mempunyai program smart contract yang membuatnya sanggup membangun ekosistem DeFi dan DApps miliknya sendiri.

Dalam Tezos, Anda akan lebih banyak menemukan koleksi yang lebih artistik dari seniman digital. Tezos menjadi salah satu pilihan banyak seniman Indonesia sebagai platform untuk memperkenalkan koleksi mereka.

Salah satu keunggulan NFT Tezos adalah ekosistemnya yang lumayan besar dengan dukungan sistem PoS sehingga lebih murah dibandingkan Ethereum. Tezos menduduki posisi ke-5 dalam kategori transaksi NFT, demikian menurut Coinmarketcap.

4. Axie Infinity (AXS)

Axie Infinity mengambil inspirasi dari Pokemon dan Tamagotchi yang mewajibkan pemainnya mengoleksi, memelihara, dan bertarung makluk berbasis token bernama Axies.

Axie menggunakan blockchain dengan memadukan aspek NFT, game, dan DeFI. Setiap pemain bisa bersenang-senang dengan menikmati karakter unik masing-masing Axies. Axie Infinity berada di posisi ke-8 dalam kategori transaksi NFT.

5. My Neighbor Alice (ALICE)

Sama-sama berupa game, My Neighbor Alice lebih bersifat ke game dengan banyak pemain dimana masing-masing pengguna bisa membeli dan menjual pulau virtual, menciptakan benda hingga kopi darat dengan pemain lainnya. Token ALICE bisa dipakai untuk bertransaksi dalam dunia ini dan jenis kegiatan lainnya.

Sumber: Kyros Ventures

Proses jual-beli di NFT

Tentunya, hal terpenting setelah mengerti apa itu NFT crypto adalah mempraktekkannya. Anda bisa mencari marketplace yang saat ini sudah ramai di Internet. Pelajari produk dan jenis NFT yang disediakan. Umumnya, aset kripto untuk membeli NFT sangat terpengaruh oleh platform yang dipilih. Contohnya, dolar dan ETH menjadi dua cara pembayaran di CryptoPunks, OpenSea, dan Rarible. Ini tidak berlaku pada NBA Top Shot yang lebih leluasa bagi penggunanya memilih sejumlah tipe aset crypto.

Rekomendasi marketplace NFT paling terkenal

  1. OpenSea: Dalam jual beli crypto, OpenSea adalah marketplace NFT terbesar dengan basis Ethereum. Jutaan koleksi NFT tersedia di sini.
  2. LooksRare: Umur LooksRare masih tergolong baru, yakni baru diluncurkan akhir 2021. LooksRare memakai basis Ethereum dan menyediakan token LOOKS dengan iming-iming imbalan tertentu.
  3. SuperRare: Di dalam SuperRare, Anda bisa menjumpai koleksi yang nyeni banget. Jika Anda kolektor barang antik dan unik, di sinilah lokasi yang wajib dijelajahi.
  4. Immutable X:  Dalam platform ini, teknologi layer-2 Ethereum berperan besar. Immutable X menawarkan biaya yang sangat rendah sehingga banyak yang memilih platform ini.

Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu NFT crypto yang tentunya berpengaruh besar terhadap pasar crypto Indonesia. Semoga bermanfaat!

Metaverse & NFT Indonesia, industri senilai triliunan dollar dengan peluang keuntungan tak terbatas

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *