Multimedia semakin populer menjadi jantung dunia periklanan di mana saja. Video projection mapping termasuk salah satu tipe medium multimedia dimana brand owner membidik pengalaman emosi jangka panjang pada audiens yang menjadi target pasar.

Memadukan berbagai jenis media akan menciptakan kenangan yang awet. Medium tersebut menjelma menjadi grafis menakjubkan, pengalaman 3D atau 4D hingga instalasi interaktif. Jika dilaksanakan secara efektif, video mapping akan memberikan kesan tidak terlupakan dan memukau.

Video mapping projection sendiri sudah ada sejak lebih dari 50 tahun. 

Pengertian projection mapping

Video projection mapping merupakan teknik proyeksi video dimana rekaman video dipetakan pada suatu permukaan, mengubah obyek umum, seperti gedung, landasan pacu, panggung, hingga air, menjadi tampilan sangat indah. Permukaan ini menjadi kanvas, memainkan bentuk dan teksturnya agar bisa menciptakan pengalaman cahaya dan ilusi memikat. Dengan memakai software mapping, visual ini bahkan bisa dibuat menjadi fitur interaktif.

Video projection mapping memang tergolong kompleks sebab memadukan aspek teknologi, seni, desain, kreativitas, hingga bisnis. Karenanya, projection mapping companies, termasuk MonsterAR, mempunyai tim yang lengkap untuk saling berkolaborasi agar tujuan komersil tercapai melalui elemen kreativitas dan teknologi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, jenis permukaan bisa lebih fleksibel. Dari yang awalnya dinding datar, kini perusahaan bisa memilih permukaan yang lebih beragam dengan ukuran super besar.

Ambil contoh, peragaan busana. Daripada memakai 30 model dengan 30 baju, video projection mapping bisa diperluas sehingga bisa memajang banyak ragam busana pada dua model saja. Terdapat berbagai kemungkinan. Brand kini bisa menerapkan proyeksi 360 derajat, menciptakan pengalaman teatrikal yang imersif, hingga menyediakan konser memakai audio visual.

Mengenal projection mapping software

Projection mapping software memegang kunci agar ide video mapping menjadi nyata. Teknologi ini dirancang khusus untuk memetakan obyek dua atau tiga dimensi. Software ini menirukan lingkungan asli obyek yang akan dipetakan. Bahkan, software ini bisa dipakai untuk menciptakan iklan projection mapping, menceritakan peristiwa tertentu, dan lain sebagainya. Dengan memakai software ini maka video mapping akan bisa berinteraksi dengan proyektor untuk memajang gambar dengan tipe atau ukuran apa saja ke permukaan lokasi yang dipilih. Seniman dan pengiklan akan terbantu dengan software ini sebab mereka dapat menambahkan dimensi tambahan atau menciptakan ilusi pergerakan melalui obyek statis.

Tahapan dalam video projection mapping

Terdapat empat langkah kunci dalam proses ini, seperti dijelaskan di bawah:

  1. Memilih lokasi dan permukaannya: Jenis permukaan bisa apa saja. Yang biasa dipilih adalah panggung, gedung, dan latar yang tembus cahaya.
  2. Merencanakan pencahayaan: Kedua, gunakan video projection mapping untuk menghitung tingkat pencahayaan, kepadatan piksel, dan bayangan, serta membuat metrik bagi proyeksi nanti.
  3. Membuat bangunan fisiknya: Setelahnya, buatlah bangunan fisiknya. Carilah lokasi nyata dari acara yang akan dilakukan lalu gunakan jaringan listrik berbentuk baris untuk memastikan proyeksi bersih dan mulus.
  4. Memfinalisasi presentasi: Buatlah penyesuaian dan proyeksi terhadap konten menurut kondisi jaringan listrik. Lalu, lakukan ujicoba untuk memutuskan apakah diperlukan perubahan lebih lanjut sebelum waktu pementasan.

Baca juga: Virtual Tour 360 dan Segudang Manfaatnya bagi Bisnis Anda

Video projection mapping acapkali dibuat dengan berkolaborasi dengan efek audiovisual lainnya. Sebagai contoh, di Dublin, teknik ini dipakai untuk menerangi bangunan terkenal, seperti hotel, yang sering dipadukan dengan presentasi laser atau pertunjukan air mancur. Latar musik pun ditambahkan ke dalam proyek ini.

Saat digunakan di dalam ruangan, video projection mapping dapat mendukung instalasi seni, menambahkan teater pada acara di ruangan besar atau menghidupkan museum. Ambil contoh V&A Museum di London, Inggris, dimana meja pasir berbasis machine learning menjadi pemandangan satelit interaktif. Software berbasis algoritma dapat menanggapi audiens yang mengelilingi pasir dengan cara memodifikasi proyeksinya. Walhasil, muncullah gundukan gunung bersalju yang berasal dari pasir tersebut sementara terdapat lubang yang mendadak “terisi” oleh air.

Contoh sukses video projection mapping

Yang pertama adalah Wear the Rose, yakni proyeksi berkesan yang dirancang untuk mendukung tim rugby Inggris dalam Piala Dunia Rugby 2015. Visual dipenuhi dengan proyeksi bunga mawar merah dalam berbagai wujud, ukuran, dan penataan.

Kedua, Ink Mapping pada 2015. Dalam acara yang disiarkan secara langsung tersebut, peserta dipakai sebagai kanvas. Berbagai jenis visual dengan seni dan tato diproyeksikan pada kulit mereka. Sungguh unik!

Bangunan khas Sydney Opera House pernah menjadi latar untuk pertunjukan megah bernama Façade Projection. Setelahnya, strukturnya digunakan berkali-kali untuk video mapping projection yang tidak kalah kerennya.

Perusahaan-perusahaan di Indonesia tak perlu lagi repot-repot mencari mitra penyedia jasa video mapping dari luar negeri. Mengapa harus pergi jauh jika kecanggihan dan kreativitas anak bangsa telah membuktikan kualitasnya dalam memberikan layanan video mapping yang akan memenuhi segala kebutuhan komersial perusahaan Anda? Kami, MonsterAR, adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan proyek video mapping Anda. Tim kami memiliki pengalaman beragam di berbagai sektor, termasuk industri kreatif, bisnis, dan teknologi informasi. Bersama kami, rencana bisnis Anda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi audiens Anda. Jadi, mengapa menunggu lebih lama? Mari bersama-sama menghidupkan ide segar Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami dan wujudkan proyek unik Anda bersama MonsterAR!

Video Mapping Projection dapat menyoroti brand Anda secara optimal

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?