Augmented Reality dan Virtual Reality sudah tidak lagi terbatas pemanfaatannya untuk gaming. Kampanye pemasaran AR/VR mulai merambah industri kuliner, salah satunya pernah dilakukan oleh jaringan restoran cepat saji KFC.

Kampanye pemasaran AR/VR menggabungkan atau memilih salah satu dari dua teknologi tersebut. Keduanya merupakan teknologi imersif yang bertujuan membenamkan penggunanya dalam konten alias memberikan pengalaman mendalam.

Empat Kampanye Pemasaran AR/VR KFC

Terkenal sebagai rumah makan ayam goreng global, KFC memilih teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality untuk melakukan branding segar bagi pelanggannya. Ini merupakan terobosan agar brand ini tetap menjadi pilihan konsumen di tengah brand restoran baru yang menawarkan menu mirip. Tidak hanya bagi konsumen, KFC menggunakan VR untuk melatih karyawannya dalam memasak dengan cara yang seru. Berikut empat kampanye pemasaran AR/VR yang dilakukan oleh KFC:

Image Source: VR Scout

1. The Hard Way, KFC Virtual Training Escape Room

Alih-alih mengumpulkan karyawan untuk belajar memasak, KFC memilih game berbasis VR untuk melatih mereka belajar menggoreng ayam agar lezat dan khas buatan KFC. Jaringan gerai ini sendiri memang sudah lama populer dengan resep memakai 11 jenis rempah buatan pendirinya, Colonel Sanders.

Diambil dari siaran persnya, program pelatihan virtual ini akan menggabungkan lingkungan VR yang bisa diakses melalui headset Oculus Rift. Materi pelatihan berisikan suara Colonel Sanders yang memerintahkan peserta untuk melarikan diri dari jagat virtual tersebut sembari tertawa. Lalu, peserta akan diajak menggoreng ayam dalam 10 menit saja, lebih cepat dari 25 menit apabila menggoreng di dunia nyata. Seru dan menyenangkan, game VR ini berfungsi untuk melengkapi bukan menggeser program chicken mastery yang tetap dipakai hingga sekarang.

kampanye pemasaran AR/VR
Image Source: concrete playground

2. The Great Bucket Hunt

Augmented Reality adalah pilihan teknologi selain VR. Game Augmented Reality The Great Bucket menyediakan hadiah fantastis berupa uang tunai US$5 ribu dan US$50 ribu beserta makanan, olahraga, dan pengalaman kuliner istimewa.

KFC menggandeng beberapa firma periklanan, yang meliputi Unbound, Geronimo, Ogilvy Australia, OPR Agency, Mediacom, dan AKQA, untuk menggarap game ini. Inti permainan ini adalah pemain mencari ember virtual yang tersebar di berbagai lokasi.

Baca juga: Penjelasan Cara Kerja Virtual Reality, Lengkap dan Ringkas

Game ini tersedia di aplikasi KFC di seluruh dunia. Cukup menekan “The Great Bucket Hunt” untuk memulai berpetualang. Lalu, pakai Peta Ember guna menemukan ember virtual. Putar embernya dalam AR untuk mencari tahu apa saja yang telah diperoleh lalu tambahkan obyek ke dalam ember itu.

Ada banyak sekali hadiah menarik jadi mustahil ada gamer yang bermain tanpa memperoleh suatu hadiah. Mulai dari makanan KFC gratis hingga pengalaman olahraga, setiap pemain akan keluar sebagai pemenang.

Image Source: little black book

3. VR Pop-up Game KFC Bucketverse

KFC Hong Kong mempunyai cara unik dalam kampanye pemasaran AR/VR mereka. Gerai di sana menyediakan VR pop-up game KFC VR Bucketverse di kawasan perbelanjaan Hysan Place di Causeway Bay. Pengelola setempat mulai menyediakan game ini mulai dari 17 hingga 20 Agustus 2023.

Peserta berpeluang mendapatkan hadiah berupa kartu KFC senilai $60 jika berhasil menangkap sebanyak mungkin ayam terbang. Mereka memainkan game VR ini sambil duduk di dalam ember KFC yang sangat besar. Akankah game ini tersedia di Indonesia? Kita tunggu saja, ya.

4. KFC Bucketverse VR Experience

Masih bertemakan ayam, KFC Bucketverse VR Experience kembali menandai inovasi KFC dalam berkomunikasi dengan pelanggan lama dan baru. Amy Cheng selaku direktur kreatif di Edelman, game ini ingin menghibur sekaligus mengajak konsumen bermain lagi dan lagi, sama seperti memakan ayam goreng khas buatan brand ini.

Kesimpulan

Bagi brand legendaris seperti KFC, kampanye pemasaran AR/VR bukan lagi sekadar ikut tren melainkan metode inovatif agar tetap berada di atas di sektor kuliner dengan sajian ayam goreng. Pelanggan, terutama generasi baru, pasti menginginkan kedekatan mendalam dengan brand kesayangan mereka, salah satunya melalui game berbasis AR atau VR.

Baik brand lama atau baru, tidak ada salahnya mengambil inspirasi dari KFC ini. Augmented Reality Indonesia tidak kalah canggihnya dalam membuat game berbasis AR seperti di luar negeri. MonsterAR dapat menyediakan aneka game memakai teknologi AR dan VR sesuai keinginan brand Anda. Yuk, hubungi kami untuk lebih lanjutnya!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?