Teknologi hologram di Indonesia muncul dan berubah dengan sangat cepat, dan tidak bisa dihindarkan lagi. Sebagai masyarakat Indonesia, tentunya harus mempelajari teknologi baru yang datang ke Indonesia, agar tidak ketinggalan dan dapat bersaing di dunia industri teknologi. Setelah sebelumnya Virtual Reality dan Augmented Reality di Indonesia, kali ini datang dengan nama Hologram.

Hologram adalah satu teknologi masa depan, dan sudah banyak diminati masyarakat di luar Negeri. Namun saat ini di Indonesia sedang berkembang. Jika Anda pernah menonton film Ironman, seringkali ironman menggunakan hologram yang dapat disentuh dan digeser kesana kemari. Dan saat ini, teknologi tersebut bukan lagi hanya sebatas mimpi. Hologram terbentuk dari perpaduan dua sinar cahaya yang koheren dan dalam bentuk mikroskopik. Hologram bertindak sebagai gudang informasi optik. Informasi-informasi optik itu kemudian akan membentuk suatu gambar, pemandangan, atau adegan.

Cara Kerja Hologram di Indonesia

Holografi adalah ilmu dan praktik pembuatan hologram. Hologram merupakan bentuk rekaman fotografi dari medan cahaya dan bukan gambar yang dibentuk oleh lensa dan ini digunakan untuk menampilkan gambar tiga dimensi subjek holographed sepenuhnya, karna terlihat tanpa bantuan kacamata hologram khusus atau optik lainnya.

Jika Anda melihat hologram ini dari sudut berbeda, Anda melihat objek dari perspektif berbeda, sama seperti halnya Anda melihat objek nyata. Beberapa hologram bahkan tampak bergerak saat Anda berjalan melewatinya dan melihatnya dari sudut yang berbeda.

Gambar 6: Skema Kerja Hologram Tipe Refleksi (www.hyperphysics.phy-astr.gsu.edu)

Di Indonesia, Hologram belum beredar luas. Namun dengan hadirnya MonsterAR, teknologi ini akan terus meluas dan menyebar di Indonesia. Pada dasarnya dibuat teknologi – teknologi baru ini adalah untuk memudahkan pekerjaan, membuat pengalaman yang berbeda dan menarik, tidak menghabiskan banyak waktu, serta sebagai hiburan.

Dengan adanya teknologi hologram di Indonesia, Anda bisa berinteraksi dengan teman atau pengguna hologram lain di Indonesia, dan bahkan bisa berikan perintah untuk melakukan hal tertentu dari jauh. Dalam beberapa kasus, pengguna juga dapat mengontrol gambar dengan smartphone yang terhubung melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Komputer tablet atau laptop yang terpasang ke kotak menjalankan aplikasi untuk memasukkan gambar ke proyektor, dan menyesuaikan apa yang dilihat berdasarkan input dari pengontrol. Contohnya seperti Holus yang dikembangkan oleh H+.

Mereka membuat game dadu multiplayer yang dikendalikan dengan iPod Touch. Dengan karakter seperti seorang wanita dalam semacam pakaian luar angkasa, posisinya dapat diubah dengan menggerakkan iPod Touch. H+ mengatakan bahwa aplikasi Holus menentukan perspektif pengguna dengan melacak gerakan pengontrol, lalu menyesuaikannya secara realtime. Gambar tampak terlihat dari berbagai sudut, responsif terhadap gesekan dan gerakan yang dibuatnya dengan iPod.

Selain sebagai media hiburan, teknologi hologram di Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, atau sebagai media branding dalam event-event dan pameran. Salah satu contohnya adalah dalam bidang property, dengan menampilkan model rumah tinggal di dalam 3D box hologram sehingga pengunjung bisa melihat bentuk rumah secara keseluruhan dari semua sudut secara realtime, dengan berbagai animasi yang tentunya bisa menambah ketertarikan pengunjung untuk melihat, dan secara otomatis menambah value dari sisi marketing dan branding. Hologram di Indonesia akan dapat membantu juga pada aspek kehidupan. Seperti memudahkan Anda dalam mengabadikan karya-karya seni dan benda peninggalan sejarah, pembuatan iklan dan film.

Baca Juga : 5 Teknologi di Museum Digital dan Penerapannya di Indonesia

Jika Anda berminat ingin mencoba teknologi Hologram, untuk keperluan event, bisnis atau perusahaan, hubungi kami di sini sekarang juga. Atau bisa cek company profile kami terlebih dahulu untuk lebih lengkapnya tentang MonsterAR.