Dalam agama islam ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat yang sudah mampu melaksanakannya. Ibadah haji merupakan ibadah yang dilaksanakan hanya satu kali dalam setahun di negara Arab Saudi. Dengan selalu bertambahnya jemaah haji di setiap tahunnya, semakin banyak pula jumlah lembaga pelatihan simulasi haji yang dibutuhkan. Dan seiring dengan berkembangnya teknologi tentunya harus mampu mendukung sebagai media pelatihan yang inovatif.

Selain melakukan simulasi haji dengan cara mengikuti pelatihan di beberapa lembaga yang sudah disediakan oleh penyelenggara, ada beberapa game yang dibuat khusus yang menyediakan konten edukasi simulasi haji. Game memang menjadi media belajar yang baik karena dapat mempengaruhi emosional setiap individu sehingga dapat lebih mudah memahami proses simulasi.

Boomingnya teknologi VR di tahun ini, mendorong munculnya aplikasi simulasi haji yang berbasis VR yang dinamakan Labbaik VR. Aplikasi ini bertujuan untuk membimbing jamaah haji yang akan melakukan haji untuk pertama kalinya dengan menggunakan penggambaran realitas maya dari kota suci Mekah. Labbaik VR adalah simulator haji Virtual Reality pertama di dunia yang dimaksudkan untuk melatih orang-orang mengenai ritual haji dalam lingkungan simulasi 3D yang realistis serta menawarkan beberapa pariwisata virtual.

Baca juga: Pemanfaatan Teknologi VR Untuk Pelatihan Pemadam Kebakaran

Aplikasi yang dikembangkan di Pakistan ini akan segera tersedia untuk perangkat seluler. Untuk sekarang, aplikasi ini terdapat pada headset Virtual Reality PC seperti Oculus Rift dan HTC Vive. Sebuah demo simulasi telah dipamerkan di Dolmen Mall, Karachi pada bulan April lalu.


Simulasi VR menjadikan pelatihan lebih mudah dipahami dan menghemat jauh lebih banyak waktu

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Seluruh lingkungan Ka’bah termasuk beberapa tempat suci seperti Safa, Marwah, Arafat, Mina, dan Jamarat tersedia untuk penjelajahan dan simulasi haji secara real time. Tujuan dari pengembangan aplikasi ini adalah untuk menjadikan para jemaah lebih terlatih. Jemaah akan merasakan seolah-olah sedang berjalan diantara bukit safa dan marwah yang menakjubkan bersama para jemaah dari negara lainnya. Aplikasi ini juga menghadirkan pemandangan 360° ka’bah secara nyata dengan detail yang sangat jelas karena semua gambaran diambil secara nyata dari lokasi Ka’bah sebenarnya.

Karena diproyeksikan pada tampilan layar besar yang imersif, Labbaik VR sangat ideal untuk melatih kelompok besar jemaah dan dapat lebih menghemat waktu pelatihan. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan oleh orangtua untuk mengajarkan anak-anak simulasi haji dengan cara yang lebih menarik.