Dengan mewabahnya corona virus atau COVID-19, pembelajaran jarak jauh telah menjadi metode pengajaran utama, yang berdampak pada lebih dari 1,3 miliar siswa di 186 negara (Sumber: Unesco). Augmented Reality (AR) dapat mendukung pembelajaran jarak jauh supaya lebih efektif.

Bahkan sebelum COVID-19 melanda, sudah terdapat pertumbuhan dan adopsi yang tinggi dalam teknologi pendidikan khususnya AR/VR, dengan investasi edtech global mencapai 18,66 miliar USD pada tahun 2019 dan keseluruhan pasar untuk pendidikan online diproyeksikan mencapai 350 Miliar USD pada tahun 2025 (Sumber: Business Insider).

Bagaimana Pembelajaran Jarak Jauh bekerja, dan apakah itu efektif?

Mulai kuartal pertama tahun 2020, ratusan juta siswa setiap hari mulai terhubung dari jarak jauh dengan guru mereka, dan seluruh kelas menggunakan berbagai platform video call termasuk Zoom, Meet, dan Skype. Cara mengajar ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Keuntungannya adalah penjadwalan kelas yang lebih fleksibel, membantu pembelajaran tetap berjalan walau di tengah pandemi, dan waktu yang dihabiskan siswa lebih efisien karena tidak adanya perjalanan ke sekolah yang ditempuh.

Kekurangannya adalah tentu berkurangnya efektifitas pembelajaran, sulitnya untuk fokus dengan pembelajaran karena banyaknya gangguan dan pengalihan, dan dibutuhkannya bantuan orang tua siswa supaya pendidikan tetap berjalan.

Salah satu bidang yang membutuhkan perbaikan adalah bahan atau materi pelajaran. Pembelajaran di kelas memberikan jenis keterlibatan tertentu yang tidak disediakan oleh pembelajaran jarak jauh, dan terkadang belajar sendiri di rumah tanpa berada di depan papan tulis atau di lab sekolah bisa sangat membuat frustasi, terutama untuk mata pelajaran STEM.

Salah satu cara untuk mengisi kekurangan ini adalah dengan mulai mengintegrasikan konten digital dan pelajaran ke dalam materi pengajaran tradisional, khususnya teknologi AR.

Cara Augmented Reality Tingkatkan pengalaman Pembelajaran Jarak Jauh

 

Image source: statista

Baca juga: Mainan Augmented Reality Untuk Memaksimalkan Potensi Belajar Anak

1. Pelajaran Lebih Imersif

Guru dapat mempersiapkan konten AR untuk mengirimkan konten digital tambahan kepada siswa selama pelajaran tradisional. Siswa di rumah dapat menggunakan perangkat seluler mereka sendiri untuk mengaktifkan media Augmented Reality di buku masing-masing.

2. Kerja Tim Jarak Jauh

Dengan siswa secara fisik terpisah satu sama lain, menjadi sulit untuk mendorong kolaborasi selama proses pengajaran. Namun AR dapat memberikan kemampuan untuk bekerja sama dalam proses pembuatan konten AR. Proyek semacam itu dapat menjadi tugas dari guru pada mata pelajaran tertentu.

3. Tes & Kuis

Menguji siswa melalui webcam bisa sangat menantang, dan di sinilah AR dapat membantu. Guru dapat menyiapkan tes dan kuis, kemudian mendistribusikannya melalui aplikasi AR sehingga siswa dapat mengaktifkan konten tes & kuis hanya dengan memindai halaman buku tertentu. Keuntungan utama bagi guru adalah mengumpulkan semua data ke dalam satu platform yang memberikan umpan balik langsung tentang bagaimana siswa mendapat nilai pada tes tersebut.

4. Tur Imersif

Bepergian di tahun lalu hampir menjadi hal tabu, dan siswa juga berhenti bepergian karena semua perjalanan sekolah telah ditangguhkan. Terlepas dari batasan saat ini, AR dan VR menawarkan cara unik dalam perjalanan virtual untuk melihat dan menemukan tempat baru. Sekolah dapat dengan mudah membuat dan membiarkan siswanya melakukan virtual tour. Kasus penggunaan ini juga dapat bermanfaat dalam persiapan perjalanan nyata, ketika situasi akan kembali normal.

5. Memperoleh Keterampilan Digital Baru

Akhirnya, Augmented Reality juga dapat memberikan keterampilan digital baru kepada siswa, dengan dukungan dari guru mereka. Dengan menggunakan AR, guru dapat melibatkan siswa dalam kegiatan pembuatan proyek 3D untuk divisualisasikan di perangkat seluler, tanpa memerlukan keterampilan pengkodean. Ini adalah cara yang efektif untuk membuat siswa muda membiasakan diri dengan teknologi yang menjanjikan ini.

Kedepannya, bidang EdTech atau elearning akan berkembang semakin banyak, dan teknologi yang semakin canggih akan tersedia untuk umum. Apakah tertarik untuk mengadopsi teknologi Augmented Reality dalam pembelajaran jarak jauh Anda?


Penerapan AR dan VR di sekolah tingkatkan kualitas pendidikan dan minat belajar siswa

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !


Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami