Sementara konten bermuatan pemasaran melalui media sosial kian gencar, kegiatan promosi offline tetap memberikan keuntungan tersendiri. Menggandeng brand activation agency Jakarta yang tepat tidak hanya akan mendongkrak brand awareness tetapi juga mendekatkan konsumen dengan brand Anda.

Brand activation tergolong jenis strategi pemasaran yang relatif populer beberapa tahun terakhir. Kegiatan ini mengambil tempat di lokasi umum agar menarik perhatian konsumen loyal dan potensial. Tipe produk sangatlah banyak dan beragam, mulai dari sepatu hingga produk rumah tangga.

Pengertian brand activation agency Jakarta

Brand activation agency Jakarta adalah perusahaan yang bergerak pada penyediaan layanan brand activation atau kegiatan untuk mengaktifkan brand ke konsumen setia atau calon konsumen di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Agensi ini yang membantu merumuskan ide kegiatan brand activation ke klien, medium yang akan dipakai, hingga promosi acara itu sendiri. Kegiatan brand activation akan dibuat seseru dan sebermanfaat mungkin untuk brand dan masyarakat.

Tujuan brand activation berfokus pada brand awareness, meningkatkan engagement dengan publik, hingga tentunya, meningkatkan penjualan produk atau jasa.

Dalam contoh strategi marketing ini, publik akan diajak berinteraksi dengan brand melalui serangkaian games menarik, menjajal produk atau jasa, hingga memberikan tanggapan tentang brand itu sendiri. Brand activation agency Jakarta haruslah sanggup menjembatani antara brand dengan publik agar mereka benar-benar merasakan manfaat produk atau jasa. Dari situlah, publik akan tergerak untuk membeli.

Brand activation memakai teknologi Augmented Reality

Kegiatan brand activation sendiri sudah banyak ditempuh berbagai perusahaan. Tipe kegiatan dan alat yang dipakai kian marak, dan cenderung mirip, bahkan sama. Perusahaan sebaiknya mencari cara baru agar menjadi beda di depan publik. Inovasi dalam brand activation menjadi keharusan agar perusahaan Anda mempunyai hal baru yang unik untuk “dijual” ke publik.

Salah satu contoh terobosan yang bisa dijajal adalah dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality atau AR. Teknologi AR sendiri berarti teknologi yang sanggup memadukan benda maya dua atau tiga dimensi ke dalam lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda maya tersebut ke kenyataan secara real-time. Teknologi AR membuat suatu konten terasa hidup. Sebagai contoh, smartphone Android akan menampilkan gambar bergerak berisikan informasi tertentu jika kita mengarahkan kamera khusus ke simbol atau fitur tertentu.

AR kini sudah mulai dilirik untuk mendukung kegiatan brand activation agency Jakarta. Contoh pemakaian AR dalam brand activation adalah AR games dan AR photo booth. Keduanya tidak hanya unik bagi anak-anak tetapi juga bagi remaja dan orang dewasa.

Brand Anda dapat memilih AR games dengan imbuhan produk Anda untuk menarik minat publik sekaligus menginformasikan manfaat dan cara pemakaian produk. Ini merupakan taktik mulus untuk memperkenalkan dan mendekatkan brand ke masyarakat.

AR games selangkah lebih maju dari game statis yang biasanya ditemukan di Google Play Store atau App Store. Contoh yang sempat “meledak” adalah game Pokémon GO dimana penggunanya diajak menjelajahi tempat-tempat untuk menangkap dan mengumpulkan karakter Pokémon. Mereka akan mengetahuinya cukup dengan menggunakan smartphone yang akan memunculkan karakter Pokémon seolah nyata di hadapan.

Baca juga: Peran Startup Augmented Reality Dalam Inovasi Teknologi Masa Depan

Tentunya, brand Anda akan membutuhkan konten game yang sesuai dengan tujuan branding dan pemasaran agar lebih pas dalam menggaet hati publik. AR games sangat efektif mendorong rasa keingintahuan masyarakat serta menghilangkan kesan terlalu komersial atau terlalu kaku yang selama ini acapkali melekat pada kegiatan promosi dan pemasaran yang tradisional.

Contoh kedua adalah sewa photo booth yang dilengkapi dengan kecanggihan teknologi AR. Buatlah memori berkesan ke setiap pengunjung pameran atau kegiatan brand activation brand Anda melalui foto yang berbeda dari biasanya. Bukan sekadar selfie atau foto standar berlatar nama acara melainkan dengan teknologi AR.

Di sini, teknologi AR akan memunculkan sticker lucu atau idola kesayangan. Sehingga, hasil foto akan tampak kekinian dan menggemaskan, dimana pengunjung seperti berpose bersama bintang favorit. Brand Anda tinggal menyesuaikan dengan tema kegiatan brand activation, emoji, desain tokoh idola hingga logo brand.

Prospek brand activation agency memakai AR

AR sebenarnya sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Berkat kecanggihan teknologi smartphone, menikmati suguhan AR bukan lagi hal yang mewah dan mahal. Karenanya, brand tidak perlu khawatir kegiatan brand activation bakal minim peminat lantaran belum meratanya penggunaan teknologi AR.

Tidak hanya dalam game, teknologi AR membantu publik memutuskan membeli suatu produk atau jasa. Ini sebagaimana tertulis dalam laporan pada April 2020 dari ThinkMobile yang menyebut bahwa lebih dari 50% pemakai smartphone mengakui mereka memakai aplikasi berbasis AR ketika berbelanja.

Tidak tertutup kemungkinan banyak yang tidak menyadari bahwa AR sudah sering dipakai di media sosial melalui filter di Instagram atau Snapchat. AR lah yang membuat filter atau emoji menjadi istimewa dan lucu untuk dibagikan ke teman-teman atau kenalan di media sosial.

Mengaitkan AR dengan media sosial atau promosi berbasis daring akan secara signifikan mendongkrak brand itu sendiri. Itulah sebabnya dalam AR photobooth, misalnya, ada fitur berbagi yang mudah agar brand lebih cepat dikenal di dunia maya, bahkan jika perlu, menciptakan efek viral.

Dengan dekatnya teknologi AR dengan publik, brand tidak perlu repot menjelaskan secara teknis teknologi ini. Cukup mempraktekkannya melalui games berbasis AR atau mengajak mereka menjajal AR photobooth agar pengalaman lah yang berbicara sendiri.

Memilih penyedia jasa branding produk yang terbaik

Apabila sudah menetapkan pilihan pada teknologi AR, memilih brand activation agency Jakarta sudah bukan lagi fokus pada branding saja. Anda harus mempertimbangkan kompetensi calon mitra dalam hal teknologi AR. Carilah informasi selengkap mungkin dari beberapa calon mitra agensi dalam hal branding, promosi, dan teknologi AR. Ini bisa dilihat dari portofolio proyek mereka sebelumnya dan contoh karya dari klien yang terdahulu.

Setelahnya, cocokkan dengan anggaran yang sudah dialokasikan dengan harga dari calon mitra. Penggunaan teknologi AR memang akan sedikit lebih mahal tetapi akan sepadan dengan efeknya ke konsumen. Kemudian, cek aspek komunikasi dari calon mitra. Jika mudah dihubungi dan responsif dengan perubahan konten dan konsep, perusahaan Anda akan sangat terbantu. Pembuatan kegiatan brand activation memakai teknologi AR akan memakan waktu yang tidak sebentar untuk mengantisipasi perubahan dan perbaikan visual, hingga menyesuaikan teknologi AR dengan jenis game, misalnya.

Apabila saat ini perusahaan Anda sedang mencari brand activation agency Jakarta yang memenuhi kriteria di atas, silahkan mempertimbangkan MonsterAR. Sebagai pelopor teknologi AR dan Virtual Reality di Indonesia, MonsterAR mempunyai segudang pengalaman memfasilitasi kebutuhan klien kami yang beragam untuk banyak sektor memakai teknologi AR. Konsultasikan dengan kami untuk menyesuaikan teknologi AR, strategi branding activation, dan target pasar brand Anda. Hubungi kami sekarang!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR

Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?