Augmented Reality (AR) populer digunakan melalui dua cara. Metode Augmented Reality marker dan markerless menawarkan keunikan masing-masing untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Pada awalnya, marker AR menandai peluncuran awal teknologi AR untuk digunakan pada berbagai jenis industri. Seiring perkembangan waktu, AR markerless lebih populer dipakai. Yuk kenali lebih jauh dua metode Augmented Reality di bawah ini!

1. Metode Augmented Reality marker

Metode yang pertama adalah marker AR dimana teknologi ini memakai sebuah marker (gambar target) untuk menunjukkan konten digital pada lingkungan nyata penggunanya. Marker ini menentukan dimana sebaiknya aplikasi AR menaruh konten digital 3D pada bidang visual pengguna atau melalui umpan balik kamera.

Marker AR mempunyai nama lain yakni pengenal gambar berbasis AR. Keberhasilan marker ini tergantung pada bekerjanya identifikasi marker atau gambar yang teridentifikasi oleh kamera. Setelah mulai beroperasi, teknologi AR akan mulai mengimbuhkan ke dalamnya.

Pertama-tama, teknologi AR memindai marker yang mendorong pengalaman berimbuh. Stimulasi ini bisa berupa suatu obyek, teks, video, atau animasi. Setiap dari obyek tersebut akan muncul pada gawai yang digunakan pengguna. Agar berjalan efektif, pengguna harus terlebih dahulu mengunggah aplikasi tertentu pada piranti mereka. Setelah selesai, pengguna dapat mengaktivasikan kameranya untuk memindai salah satu marker tersebut.

2. Markerless Augmented Reality

Sedangkan metode Augmented Reality markerless memadukan data digital dengan masukan secara real-time di ruang fisik. Data digital dapat berupa grafik perangkat lunak, audio, video dengan kamera smartphone atau headset, giroskop, akselerometer, sensor haptic, dan layanan Global Positioning System (GPS) untuk menampilkan grafik 3D di dunia nyata.

Walau belum mengantongi informasi tentang lingkungan, markerless AR sudah bisa mendeteksi obyek atau titik karakteristik suatu tempat. Untuk memproduksi efek visual keren, teknologi ini memakai grafik komputer dan citra dunia maya. Pemakaiannya yang pertama memberdayakan layanan lokasi perangkat dan perangkat keras supaya bisa berkomunikasi dengan sumber daya AR yang ada dan memastikan tempat dan orientasinya.

Teknologi AR markerless akan lebih akurat dengan dikembangkannya teknologi simultan lokalisasi dan pemetaan atau SLAM. Adanya SLAM membuat metode ini bisa memindai lingkungan dan menciptakan peta tempat untuk obyek 3D virtual. Pengguna tidak perlu memindai gambar baru ketika obyek tidak berada dalam jarak pandang pengguna. Dalam kondisi ini pun, obyek tidak bergerak walau pengguna berpindah tempat.

Dalam melakukan metodenya, AR markerless berbasis lokasi mencampurkan obyek 3D maya ke dalam lingkungan nyata pemakai dengan bantuan sensor perangkat. Contoh paling populer adalah game Pokémon Go yang sudah diunduh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

Kinerja AR markerless sangat terbantu dengan semakin canggihnya smartphone saat ini. Selain kamera, smartphone zaman sekarang sudah banyak yang dilengkapi teknologi sensor. Baik pemakai Android dan iOS dapat menikmati AR markerless ini.

Contoh pemakaian Augmented Reality marker

1. Membuat kartu ucapan yang lebih hidup

Sudah bukan lagi tren kartu ucapan statis berhiaskan kalimat berbunga-bunga dalam latar desain menarik. Dengan AR marker, Anda bisa membuat kartu nama “berbicara”. Kartu tersebut bisa hidup melalui visual yang menyampaikan pesan tertentu sekaligus memikat pemilik kartu itu. Kartu itu nantinya bisa “berkomunikasi” dengan penggunanya. Cukup dengan memindai obyek dalam kartu ini maka ia akan “berbicara”. Kartu jenis ini pas sekali untuk menyambut musim liburan, seperti Tahun Baru atau Idul Fitri. Anda bisa menerapkannya untuk kartu nama.

2. Menjelaskan kompetensi teknis tertentu

Contohnya adalah saat menjelaskan seberapa efektif pemotongan kayu dilakukan. Caranya mudah. Cukup ambil gambar yang berisikan kayu yang tak lama setelah dipindai, ia akan “hidup” lalu muncul sebagai pemotong kayu dalam bentuk animasi. Kemudian, tokoh animasi ini akan menunjukkan bagaimana memotong kayu lewat cara sederhana dan mudah dipahami. Selain gampang ditangkap, metode ini juga menghibur pengguna sembari belajar.

Contoh pemakaian Augmented Reality markerless

Penggunaan metode Augmented Reality markerless semakin meluas. Berikut contohnya:

Baca juga: Jasa Filter Instagram: Tingkatkan Penjualan dan Jangkauan Pasar Anda

1. Gaming

Pokemon Go adalah game berbasis AR markerless yang paling terkenal. Dalam game ini, pengguna bisa mencari dan menangkap Pokemon secara real-time tergantung lokasi nyata pengguna game ini sedang berada. Selain game ini, ARKit/ARCore membantu mewujudkan game dunia nyata multi pengguna dengan konten 3D tetap. Dua raksasa teknologi, Microsoft HoloLens dan Oculus dari Facebook, terus mengembangkan game dan aplikasi baru memakai teknologi AR headset.

2. Desain interior

Augmented Reality markerless kini sudah mulai dipakai dalam sektor desain interior. Contoh brand yang telah menggunakannya adalah Macy’s, Amazon, IKEA, dan Ashley Furniture. Mereka memudahkan calon pembeli untuk menyesuaikan produk yang diincar dengan ruangan asli di rumah masing-masing. Sebagai contoh, mereka bisa menempatkan secara virtual sofa di ruang tamu mereka untuk mengecek apakah benar-benar pas atau tidak. Cara sederhana ini dapat membantu bertambahnya tingkat konversi penjualan sebab calon pembeli akan merasa lebih yakin sebab produk memang sesuai dengan kondisi asli di rumah mereka.

3. Membuat tutorial perbaikan piranti

Cukup dengan memindai bagian piranti yang rusak, pemakai sudah bisa melihat tahap demi tahap proses perbaikannya. Proses ini berupa bagian yang terpisah lalu digantikan oleh alat baru satu per satu. Pengguna dapat mengendalikan sendiri tutorial ini dengan cara klik instruksi yang diberikan. Dengan visualisasi yang ada, pengguna akan memahami proses perbaikan secara keseluruhan secara lebih mudah.

Keunggulan memakai Augmented Reality marker

1. Memfasilitasi pengalaman berbagi di antara pengguna

Pengunjung restoran dapat berbagi ulasan dengan konsumen lainnya walau belum pernah bertatap muka secara langsung. Caranya adalah dengan membagikan pendapat tentang restoran yang sama pada menu yang dinikmati. Fitur lucu, seperti pemberian jumlah bintang dan sticker, membuat ulasan efektif dan menarik.

2. Mempermudah proses belajar

AR marker merupakan alat yang penting untuk mempermudah belajar pada kemahiran tertentu, setidaknya pada level dasar bagi orang biasa. Beberapa yang bisa dipelajari adalah bagaimana memperbaiki ban bocor atau memotong kayu.

3. Membuat branding lebih seru

Metode Augmented Reality marker akan meningkatkan kesan brand sebab memberikan kesan dinamis dan segar. Brand Anda akan lebih terkesan muda dan inovatif sehingga cocok di mata kaum milenial dan Generasi Z.

Nilai lebih Augmented Reality markerless

1. Membuat pengalaman berbagi konten jauh lebih menyenangkan

Kembali mengambil contoh game Pokemon Go, pengguna tidak hanya mencari dan menangkap Pokemon sendiri. Melainkan, game ini memungkinkan berbagi dengan pemakai lain secara real-time pula. Bermain game menjadi jauh lebih seru dan asyik sebab mengundang teman berburu Pokemon yang berada di “dunia lain.”

2. Memperluas bidang pandang untuk konten AR

Adanya AR markerless memperbesar daya pandang seorang penggunanya. Obyek virtual menjadi bisa dilihat dari berbagai sisi secara real-time melalui aplikasi berbasis AR. Pengguna pun lebih leluasa dalam menikmati obyek tersebut, bahkan lebih jauh dari kisaran tiga dan empat meter sebagaimana yang terjangkau oleh AR markerless saat ini.

Baik AR markerless dan AR marker, MonsterAR siap menyediakan jasa Augmented Reality yang sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. Dukungan kami tidak hanya teknis melainkan jasa konsultasi bisnis terpercaya sehingga solusi yang dihasilkan memang jitu untuk mencapai target bisnis saat ini. Hubungi kami sekarang juga!

Branding produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR dan VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

How can we help you ?