Keunggulan Augmented Reality

Optimalisasi Keunggulan Augmented Reality untuk Capai Target Bisnis

Setelah lebih dari satu dekade, keunggulan Augmented Reality (AR) terus dimanfaatkan untuk membantu berbagai sektor usaha terus tumbuh dengan menggabungkan konsep teknologi dan pengalaman konsumen.

Efektivitas pemakaian teknologi AR kian tahun semakin diperhitungkan sebab bukan sekadar gimmick melainkan menghasilkan statistik dan contoh nyata yang tidak main-main. Artikel ini akan membahas keunggulan Augmented Reality tahun ini dan seterusnya, keunggulan, dan bagaimana ia bisa mentransformasi usaha Anda.

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality bisa didefinisikan sebagai teknologi yang mengintegrasikan dunia fisik dan digital dengan meletakkan gambar virtual, data, dan informasi di atas lingkungan nyata. Dengan kata lain, AR membuat pengguna melihat dunia nyata dengan obyek virtual yang diproyeksikan di atasnya.

AR merupakan teknologi unik yang menawarkan sifat-sifat tidak seperti teknologi lain pada umumnya. Anda bisa membayangkan ruang antara Virtual Reality (VR) dan dunia nyata lalu muncullah AR.

Dalam beberapa tahun terakhir, AR telah berkembang begitu pesat hingga kini bisa diakses oleh hampir siapa saja. Aplikasi berbasis AR bisa ditemukan untuk gaming dan hiburan hingga kedokteran dan industri. AR kini berguna untuk hal-hal yang bermanfaat bagi khalayak ramai.

Berita terakhir menyebutkan bahwa Apple telah mengumumkan peluncuran piranti komputansi ruang mereka pertama yang menggunakan kekuatan AR dengan sangat baik. Piranti ini diberi nama Vision Pro sekaligus mewakilkan tonggak bersejarah dunia AR itu sendiri. Diharapkan peluncuran headset ini akan memberikan arti baru, tujuan, dan ajakan untuk memasuki dunia AR.

Augmented Reality: seperti dunia nyata tetapi lebih baik

Augmented Reality adalah istilah yang telah beredar di masyarakat selama berdekade lamanya. Meski menjanjikan banyak hal, baru belakangan saja AR menjadi dunia arus utama. AR adalah istilah untuk menggambarkan pandangan dunia nyata yang ditingkatkan berkat konten yang dihasilkan oleh komputer di atasnya. Konten virtual ini bisa mencakup hampir semuanya; video, model 3D, konten web dinamis, yang bisa dipicu oleh sebuah gambar, Lokasi, atau perpaduan dari keduanya.

Mengapa Augmented Reality?

Mungkin Anda bertanya ke diri sendiri mengapa AR? Apa sih yang AR tawarkan ke brand yang bisa membuatnya lebih bagus dari pengalaman pemasaran 2D atau tradisional?

Tentu saja, jenis AR yang digunakan akan tergantung pada karakteristik brand Anda dan dimana bisa digunakan. Sebagai contoh, jika Anda mempunyai toko e-commerce, Anda bisa menggunakan 3D AR viewer untuk menggantikan gambar 2D yang statis untuk menghadirkan pengalaman imersif ke konsumen. Mereka bisa melihat produk dengan menyesuaikan lokasi mereka berada.

Selain itu, penyedia layanan streaming, seperti Netflix dan Disney, bisa menyusun kampanye iklan AR dengan memakai filter di media sosial berdasarkan acara populer mereka.

Pertanyaan lain mungkin timbul. Apa sih yang ditawarkan oleh AR ke saya secara individual? Penting untuk mengingat bahwa sebaiknya tidak berpikir demikian. Tidak kalah pentingnya adalah mengingat bahwa aplikasi AR harus melakukan maksud tertentu dengan nilai untuk Anda dan konsumen Anda. Meski teknologi ini sangat menarik berkat keunggulannya yang banyak, sekali lagi Anda perlu mengingat bahwa untuk mendapatkan manfaat penuh AR, Anda perlu terlebih dahulu mengerti penggunaan dan faedahnya. Hanya menambahkan AR ke perjalanan konsumen Anda atau rencana pemasaran tanpa tujuan strategis malah menghasilkan ketidakpuasan dan melewatkan manfaat kunci AR itu sendiri.

Kegunaan Augmented Reality

AR mencampurkan dunia virtual dengan dunia nyata secara mulus melalui gambar dan informasi digital yang disatukan dengan sekeliling kita secara nyata. Dengan AR, peluang dan potensi manfaat tidak terhingga tetapi sangat tergantung pada aplikasi dan pendekatan Anda.

Mulai dari pengalaman imersif yang menjembatani kesenjangan antara dunia fisik dan digital hingga penerapan praktis yang meningkatkan produktivitas dan efisiensinya, manfaat AR begitu luas dan beragam.

Manfaat AR #1: meningkatkan keterlibatan pengguna

Keunggulan pertama AR adalah peluangnya untuk meningkatkan keterlibatan. Entah mengaplikasikan AR di e-commerce atau hiburan, pengalaman AR menyediakan pengalaman yang lebih imersif dan interaktif bagi pengguna. Ketika pengguna bisa berinteraksi dengan konten digital di lingkungan nyata, hal ini menciptakan pengalaman yang lebih dekat ke pengguna dibanding hanya melihatnya di layar. Hal ini mungkin menjadi salah satu keunggulan terbesar AR dibandingkan teknik pemasaran atau teknologi pemasaran lainnya.

Bayangkan jika Anda berbelanja daring untuk sofa baru. Lalu situs yang Anda kunjungi mempunyai banyak pilihan, gambar, dan ukuran (tetapi Anda tidak cukup mahir merakit sendiri), sehingga tidak punya ide mana yang akan terlihat bagus, alih-alih pas di ruangan Anda. Lalu Anda mencoba web lain dan mereka mempunyai alat visualisasi AR yang membantu Anda melihat sofa di ruangan Anda melalui kamera smartphone Anda. Jadi web mana yang kemungkinan besar akan membuat Anda lebih terlibat?

Keunggulan berupa meningkatnya keterlibatan akan mendatangkan manfaat lainnya, termasuk bertambahnya keyakinan konsumen, dan kepercayaan mereka, sekaligus membangun hubungan emosonal antara Anda dengan audiens.

Manfaat AR #2: lebih menonjol dari kompetitor

Keunggulan Augmented Reality begitu terlihat dari manfaat yang satu ini, yakni membuat brand Anda menonjol ketimbang pesaing. Di pasar dimana seluruh pesaing menawarkan produk yang mirip atau bahkan sama pada harga yang tidak jauh berbeda, AR menjadi kunci untuk menempatkan brand Anda lebih “spesial” dari yang lainnya.

AR mempunyai kemampuan membantu Anda terhubung dengan audiens, menyampaikan pesan, dan memberikan pengalaman unik yang akan mendatangkan kepercayaan dari konsumen lalu membuat brand Anda lebih dikenang.

Baca juga: Sewa PhotoBooth, Solusi Terbaik Ramaikan Boothmu di Event

Ambil contoh industri musik. Baru-baru ini Gorillaz mengadakan pertunjukan AR langsung di New York dan London, dimana karakter terkenal dari band ini bisa ditonton memainkan single terbaru mereka di dua kota tersebut. Pertunjukan mereka sangatlah unik, menjadikan mereka bahan perbincangan, sedangkan ribuan orang menghadiri pertunjukan langsung mereka, yang hanya sekali diadakan. Band ini menghasilkan banyak sekali konten dengan penggemar lama dan baru kembali membahas Gorillaz lagi.

Tidak hanya itu mereka memperoleh reach besar di platform media sosial dari cara tersebut sekaligus mendapatkan konten dari penggunanya. Kesemuanya terwujud berkat penggunaan AR dalam cara yang inovatif.

Manfaat #3: pembelajaran yang lebih bermutu

Faedah AR lainnya adalah teknologi ini membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif dan visual. Metode belajar ini seringkali lebih mudah diingat dan lebih memberikan keterlibatan bagi sebagian besar penggunanya. AR telah membuktikan sendiri sebagai alat yang efektif untuk memantik imajinasi dan menciptakan level pemahaman lebih tinggi. Ambil contoh ruangan kelas dengan teknologi AR. Ruang kelas semacam ini memfasilitasi guru menunjukkan contoh konsep virtual atau kemungkinan membuat pengalaman gamifikasi untuk mendukung metode pembelajaran tradisional sehingga pendidikan lebih interaktif dan mudah diingat.

Pembelajaran memakai teknologi AR bukan hanya untuk ruangan kelas tetapi juga di lokasi kerja agar tercipta pengalaman yang lebih mudah diingat dan melibatkan penggunanya. Pelatihan berbasis teknologi AR juga bisa membuat pelatihan lebih realistis. Sebagai contoh, ketika dokter yang sedang mengikuti pelatihan atau tenaga profesional kesehatan lainnya bisa digunakan untuk memproyeksikan tempat, obyek, atau informasi, ke lingkungan fisik, termasuk anatomi, piranti, atau perlengkapan.

Dengan mengoptimalkan manfaat AR, baik dalam latar pendidikan dan profesional, kita bisa menyibak era pembelajaran baru yang efektif, menarik, dan transformatif.

Manfaat #4: berkurangnya tingkat pengembalian produk

Keunggulan Augmented Reality berikutnya adalah bahwa AR bisa meningkatkan tingkat kepercayaan diri pembeli dan memastikan bahwa mereka bisa membuat keputusan pembelian dengan informasi lebih lengkap. Peritel daring kini menghadapi tantangan besar yakni tingginya tingkat pengembalian barang di era belanja daring seperti sekarang. Menurut firma riset Mintel, hampir setengah orang yang berbelanja via daring di Inggris, dan 60% dari mereka yang berusia 16 hingga 34 tahun telah mengembalikan barang yang dibeli tahun lalu. UPS telah melakukan studi komprehensif pada 2019 dan menemukan bahwa 30% dari orang yang berbelanja daring di seluruh dunia telah mengembalikan barang karena rusak atau kesalahan sedangkan 27% tidak menjelaskan alasan di balik pengembalian barang tersebut.

Teknologi AR telah muncul sebagai solusi atas masalah tersebut dengan menyediakan konsumen pengalaman imersif, seperti visualisasi 3D, jajal produk virtual, dan demo produk. AR memberdayakan konsumen agar membuat keputusan yang lebih lengkap sebelum membeli sehingga mengurangi kemungkinan pengembalian barang. Dengan menyediakan kesempatan unik mencoba sebelum membeli, teknologi AR memainka peran kunci dalam mengurangi tingginya tingkat pengembalian barang dan meningkatkan kepuasan konsumen.

Manfaat #5: sangat bisa diakses

Walau pun headset berteknologi mutakhir dan perangkat lunak rumit AR terus-menerus diluncurkan, aksesibilitasnya tetap terbatas. Akan tetapi, saat menyinggung piranti yang bisa diakses oleh sebagian besar orang, smartphone berada di garda terdepan dengan 6,92 miliar orang bisa mengakses smartphone.

AR pada smartphone muncul dalam dua bentuk: berbasis aplikasi dan berbasis web. Bentuk AR tersebut telah meningkatkan aksesibilitas AR ke audiens yang lebih luas dan menawarkan banyak keunggulan. Namun demikian, ada perbedaan jelas.

Sebelumnya, mayoritas pengalaman AR mewajibkan Anda mengunduhnya. WebAR memecah kewajiban tersebut. Mayoritas orang tidak ingin membuang waktu mengunduh aplikasi baru ke gawai yang sudah padat aplikasi. WebAR tidak membutuhkan pengunduhan aplikasi dan bisa diakses pada jenis piranti apa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Aksesibilitas WebAR melalui web browser daripada aplikasi khusus menjadikannya pilihan menarik bagi perusahaan yang mencari cara agar bisa terhubung lebih mendalam dengan audiens mereka dengan cara lebih inovatif dan mulus. Dengan pendekatan yang lebih bersahabat, WebAR telah menghasilkan ketertarikan besar dari pebisnis yang mencari interaksi berdampak dengan audiens yang menjadi target mereka.

Manfaat #6: Konversi lebih besar

Platform e-commerce Shopify telah merilis data yang mengindikasikan produk dengan konten fitur VR atau AR mempunyai tingkat konversi hingga 94% dibandingkan dengan yang tanpa VR atau AR. Temuan tersebut menunjukkan keunggulan Augmented Reality yang tidak hanya untuk meningkatkan keterlibatan tetapi juga secara signifikan mempengaruhi tingkat konversi brand e-commerce.

Riset lain dari Deloitte telah mengungkapkan bahwa dampak AR terhadap perilaku konsumen begitu kentara hingga 40% dari orang yang berbelanja mau membayar premium untuk produk yang telah mereka uji menggunakan teknologi AR. Temuan tersebut menggarisbawahi pentingnya AR yang semakin bertumbuh dalam membantu konsumen mengambil keputusan dengan lebih komprehensif memakai informasi yang ada dan kemungkinannya mentransformasi e-commerce.

Manfaat #7: Data lebih lengkap

Keunggulan besar lainnya adalah Anda bisa mendapatkan akses ke data baru dan penting. Teknologi AR bisa menolong brand bertumbuh dengan lebih banyak cara. AR membuat brand bisa mengumpulkan data konsumen secara lebih mendalam, seperti perilaku konsumen, preferensi mereka, dan interaksi. Hal ini berarti brand bisa menggunakan data ini untuk menginformasikan proyek di masa depan atau membangkitkan kembali kampanye lama atau saat ini.

Data bahkan bisa digunakan untuk membuat pengalaman yang pribadi bagi pengguna atau bisa digunakan untuk menargetkan atau mentarget ulang upaya pemasaran. Dengan mengintegrasikan data dari profil konsumen dan interaksi sebelumnya, brand dapat mengkustomisasi konten dan rekomendasi AR, menciptakan pengalaman yang lebih relevan dan interaktif yang mewakilkan konsumen individual. Pendekatan yang berbasis data ini menolong brand membuat keputusan dengan informasi yang lengkap, meningkatkan keterlibatan konsumen, dan mendorong pertumbuhan usaha.

Keunggulan Augmented Reality lainnya:

  • AR meningkatkan keterlibatan dan interaksi dan menyediakan pengalaman pengguna yang lebih kaya
  • Riset menunjukkan bahwa AR meningkatkan nilai produk dan brand di mata publik
  • Kegiatan AR yang dilakukan dengan tepat menyampaikan inovasi dan tanggapan dari brand dengan visi ke depan
  • AR bersifat mobile sehingga sangat bisa diakses ke pasar smartphone yang berkembang pesat
  • AR merupakan pilihan terjangkau dibandingkan platform media lainnya sebab tidak membutuhkan media tertentu
  • Brand mempunyai akses ke analisa yang terperinci sehingga membantu mereka dalam benar-benar memahami audiens.

Keunggulan AR

Sementara manfaat AR bisa dilihat dari kemampuannya menciptakan pengalaman imersif dan meningkatkan keterlibatan pengguna, mari kita cek keunggulan AR yang cukup khas sehingga membedakannya dari teknologi lainnya.

Salah satu keunggulan utama AR adalah kemampuannya menjembatani kesenjanga antara dunia digital dan fisik sehingga penggunanya bisa mengakses dan berinteraksi dengan informasi digital secara mulus dalam lingkungan dunia nyata mereka. Peleburan kenyataan ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga membuat bisnis bisa menciptakan solusi inovatif yang memenuhi kebutuhan dan preferensi dari audiens yang menjadi target.

Keuntungan lainnya adalah penggunaannya yang hampir tiada batas. AR tidak terbatas pada satu dunia, ia bisa meresap ke setiap industri, melampaui batasan dan menyingkap peluang yang tidak ada batasnya. Dari revolusi pendidikan dengan menghidupkan buku teks ke pemberdayaan tenaga profesional bidang kesehatan dengan visualisasi yang lebih baik, AR adalah pengubah transformatif yang membentuk ulang lapisan terkecil dari dunia kita.

Selain itu, teknologi AR yang adaptif membuatnya mendukung berbagai jenis gawai dan platform sehingga bisa diakses oleh audiens lebih luas. Keuntungan AR merambah melampaui keunggulannya yang nyata, menawarkan sudut pandang unik mengenai dampak dan nilai di dunia digital yang terus-menerus berevolusi.

Penerapan AR Dalam Industri

AR mendapatkan popularitas besar dalam beberapa tahun terakhir sebab mampu meningkatkan pengalaman penggunanya sekaligus menawarkan kemungkinan baru untuk interaksi. Teknologi AR telah diterapkan pada beragam industri, mulai dari gaming hingga perawatan kesehatan dan pendidikan dan sekarang sangat mempengaruhi dunia seni.

Baca juga: Virtual Makeup Tester Tingkatkan Konversi Penjualan Kosmetik

Berikut kami mengeksplorasi aplikasi inovatif dan industri yang bisa dipadukan dengan AR:

Perawatan kesehatan: Teknologi AR telah menorehkan pintu masuk ke sektor perawatan kesehatan, yang membantu profesional di bidang ini dalam meningkatkan kepedulian ke pasien dan hasil akhir perawatan nantinya. Dokter operasi kini bisa menggunakan AR untuk memvisualisasikan model 3D dari anatomi pasien selama prosedur sehingga operasi menjadi lebih akurat. Murid bidang kedokteran turut meraup keuntungan dari simulasi AR sehingga bisa mempraktekkan teknik operasi dalam lingkungan yang lebih dapat dikendalikan.

Ritel: Industri ritel telah merangkul AR untuk menciptakan pengalaman belanja imersif dan lebih pribadi. Dengan mengoptimalkan AR, konsumen bisa secara virtual mencoba pakaian, aksesoris, dan makeup tanpa memasuki toko fisiknya. Aplikasi AR membuat orang bisa memvisualisasi bagaimana perabotan dan benda dekorasi rumah akan terlihat sebelum membelinya. Teknologi ini tidak hanya meningkatkan kepuasan konsumen tetapi juga mengurangi pengembalian produk.

Pendidikan: Keunggulan Augmented Reality di bidang pendidikan adalah dengan membuat pembelajaran lebih interaktif. Aplikasi AR dapat membawa buku teks menjadi hidup dengan mengimbuhkan konten digital ke laman fisik untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang imersif. Murid bisa berinteraksi dengan model 3D artefak bersejarah atau konsep ilmiah untuk memperdalam pemahaman dan daya ingat material.

Manufaktur: AR menjadi pembeda di sektor manufaktur sebab berhasil meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan ketepatan. Dengan wearable yang memakai AR, pekerja bisa mengakses informasi dan perintah saat itu juga sehingga mengurangi kebutuhan manual cetak serta sesi pelatihan panjang. AR turut memfasilitasi kolaborasi dari jarak jauh sehingga ahli dapat menyediakan panduan dan masalah troubleshoot dari mana saja.

Pariwisata: AR telah membuka pintu baru ke industri pariwisata dengan menawarkan pelancong pengalaman informatif dan kaya. Aplikasi AR bisa menyediakann informasi real-time mengenai daya tarik turis, mengimbuhkan fakta bersejarah, dan ulasan dari pengguna ke dalam lingkungan mereka. Selain itu, navigasi yang berbasis AR bisa memandu pelancong di kota yang tidak begitu akrab bagi mereka serta meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan.

Statistik Augmented Reality

Pada 2023, AR siap diterapkan oleh korporat dan brand kecil sejenisnya untuk keperluan umum. Dengan teknologi yang berkembang pesat, kampanye berbasis AR bisa dilakukan sendiri. Ini yang menjadikan AR lebih bisa diakses oleh brand dan konsumen.

Tidak dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 membuat segalanya terasa sulit. Tetapi justru dari wabah global tersebut, AR mewujud sebagai penyedia pengalaman dan menjadi bagian dari strategi branding jangka panjang, bukan lagi gimmick sesaat.

Berikut statistik kunci yang mendukung fakta di atas:

  • Keterlibatan AR naik hampir 20% sejak awal 2020 dengan tingkat konversi bertambah 90% bagi konsumen yang berinteraksi dengan AR dibandingkan mereka yang tidak. Sumber: Retail Consumer Experience.
  • Konten 3D bisa meningkatkan konversi hingga 27,96% di web peritel. Sumber: Mobile Marketer.
  • Pengalaman SAP Direct Mail menunjukkan meningkatnya penerima surat langsung hingga 81,91% yang ingin merasakan pengalaman Kampanye Augmented Reality.

Keunggulan Augmented Reality untuk Brand Anda

Di balik keunggulan Augmented Reality yang luar biasa, strategi bisnis yang tepat tetaplah yang berperan menentukan efektivitas teknologi ini. Tidak seharusnya AR hanya berfungsi menciptakan keriuhan sesaat padahal fungsi AR bisa melekatkan pengalaman spesial bagi konsumen dalam waktu lama. Kami dari MonsterAR karenanya tidak hanya menyediakan segi teknologi, seperti coding, di balik setiap proyek AR kami. Visual berupa obyek 3D kami garap senyata dan sehidup mungkin supaya konsumen benar-benar terbenam di dalam kontennya. Dan tentunya, sebagai visi di balik setiap proyek AR adalah tim business development dan sales kami yang bekerja untuk memastikan target bisnis Anda tercapai. Apakah saat ini Anda mempunyai rencana bisnis yang bisa lebih optimal memakai teknologi AR? Yuk konsultasikan dengan tim kami sekarang juga!

Pemasaran produk lebih powerful dan efektif melalui teknologi AR/VR
Hubungi kami sekarang juga, konsultasi GRATIS !

Kunjungi channel Youtube MonsterAR untuk selengkapnya tentang project kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *